Peristiwa

Program P3TGAI Di Desa Majengan Di Sinyalir Di Kerjakan Asal Jadi

Teks foto : pekerjaan

SAMPANG,DORRONLINENEWS.com – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi(P3TGAI) untuk para petani yang tergabung dalam Hippunan Petani Penggun Air (Hippa) di Desa Majengan Kecamatan Jrengik layak untuk di sorot.

Pasalnya,kegiatan itu di sinyalir dikerjakan asal jadi sehingga kualitas pekerjaan dilapangan tidak bertahan lama.

Hasil pantaun media ini dilokasi,kondisi pekerjaan sudah ada yang retak,bahkan struktur bangunan sudah ada yang miring.

Tidak hanya itu,galian pondasi juga ditengarai tidak dikerjakan jika melihat kondisi pemasangan batu gunung yang hanya di tata di atas tanah dasar.

Bahkan,papan nama kegiatan terkait program itu dilapangan juga tidak ada.

Abd Hamid Direktur Lembaga swadaya masyarakat pusat informasi dan advokasi rakyat ( LSM PIAR ) Kabupaten Sampang turut berkomentar atas proyek irigasi HIPPA yang merupakan program percepatan peningkatan tata guna air irigasi ( P3TGAI ) di Desa Majengan kecamatan Jrengik

Menurutnya,kegiatan tersebut sangat minim pengawasan oleh tenaga ahli ( TA ) dan pendamping dari program tersebut,
Sehingga masih banyak di temukan celah pada pekerjaan tersebut.Salah satu nya pada unsur galian pondasi saluran irigasi dan pekerjaan plaster dasar (red-lantai kerja) sehingga sudah mulai retak dan miring.

Di sisi lain saluran irigasi ini di harapkan mampu memenuhi kebutuhan pertanian dalam hal pengairan,sehingga asas manfaat nya dapat di rasakan langsung oleh petani di Sampang ,bukan justru menjadi ladang untuk meraup keuntungan.

Kami secara kelembagaan berharap agar kepala balai besar wilayah sungai (BBWS) Brantas provinsi jawa timur segera melakukan inspeksi mendadak ( Sidak ) pada lokasi pekerjaan tersebut.Serta melakukan evaluasi secara berkala terhadap pemdamping yang terindikasi bekerja secara tidak profesional.

“Karna jika melihat kondisi pekerjaan dilapangan,prediksi kami program itu tidak akan bertahan lama ” terangnya Sabtu (15/07/2023) via Whast App (WA).

Abd Roib selaku Tenaga Ahli (TA) program HIPPA tidak komentar banyak saat media mempertanyakan masalah pekerjaan P3TGAI di Desa Majengan.

” Ok,akan saya konfirmasi ke Asisten dan TPM dulu ” tutur Abd Roib via Whast App (WA) ringkas.(awa)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close