Peristiwa

Jum’ at Berkah, Dusun Sidoraharjo Laksanakan Ruwah Desa Selama Dua Hari

Teks foto : Kasun Sidoraharjo Eniyati bersama warga

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Tradisi Sedekah Bumi merupakan salah satu kearifan lokal yang masih terus melekat dan eksis ditengah-tengah masyarakat, adat istiadat yang kini masih dipertahankan juga dilestarikan oleh masyarakat Dusun Sidoraharjo, Desa Sidoraharjo, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik. Jum’ at (16/06/2023).

Masyarakat setempat menyebutnya Ruwah Desa (Sedekah desa dan dusun) kegiatan tersebut adalah wujud syukur terhadap sang pencipta yang secara turun temurun warga setempat memperingati setiap tahunnya.

Saat ditemui awak media Dorronlinenews.com Kepala dusun (Kasun) Sidoraharjo Eniyati membenarkan bahwa kegiatan seperti ini dilaksanakan warga dusun sidoraharjo sejak jaman mbah mbah dulu.

“Benar mas untuk Ruwah desa (sedekah desa) ini sendiri dilaksanakan setiap tahun secara turun temurun dari mbah mbah dulu dan dari enam ( 6 ) dusun yang ada di desa Sidoraharjo melaksanakan ruwah desa di dusunnya masing masing.

Alhamdulillah untuk pak Kades Suwoto sendiri juga mensuport atas kegiatan ini karena dirasa Sedekah Bumi ini adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa menjalani kebersamaan antar masyarakat, juga menciptakan kerukunan sesama masyarakat.” Lanjutnya.

Selanjutnya Kasun Eniyati juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Dusun Sidoraharjo atas partisipasi dan dukungannya serta sumbangsihnya dalam kegiatan Sedekah Bumi ini.

“Alhamdulillah seluruh masyarakat sangat antusias sekali dengan adanya sedekah bumi ini. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih yang sebanyak banyaknya terhadap seluruh masyarakat Dusun Sidoraharjo.” Ujarnya.

Menurut Eniyati, “Sedekah Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahannya, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkannya” tambahnya.

Antusias seluruh warga masyarakat terlihat saat berkumpul di Balai Dusun Sidoraharjo setelah itu dilaksankan Do’a bersama sambil membawa tumpeng secara serempak dan berkumpul di balai dusun Sidoraharjo setelah sholat jum’at.

Setelahnya ketua panitia H. Safi’i berharap, melalui tradisi ini semoga masyarakat Dusun Sidoraharjo ini selalu diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari mara bahaya oleh yang maha kuasa.

“Kami berharap dengan adanya Sedekah Bumi ini, masyarakat Dusun Sidoraharjo ini tetap bisa mensyukuri apa yang Tuhan berikan atas kenikmatan, kesehatan dan rezeki yang melimpah ruah. Kegiatan ini juga melestarikan budaya serta mengenang para leluhurnya.” Jelas ketua Panitia H. Safi’i.

“Semoga di tahun depan kegiatan Sedekah Bumi ini lebih meriah lagi.” Harapnya.

Acara Sedakah Bumi ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 16 – 17 Juni 2023 juga dihibur dengan pertunjukan Wayang Kulit Ki dalang Danu Supriadi dari Kabupaten Mojokerto dan untuk tanggal 17 nanti akan adakan Pengajian dengan menghadirkan KH. Abdul Jalil dari Kabupaten Lamongan.

Acara tersebut di ikuti oleh Ketua panitia dan anggotanya, Pemdes, kepala Dusun, Rt/Rw, Karang taruna dan seluruh masyarakat dusun Sidoraharjo(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close