Peristiwa

2 Desa Di Sampang Belum Cairkan Dana Desa

Teks foto : kantor DPMD Sampang

SAMPANG, DORRONLINENEWS.com – Dua Desa di Kabupaten Sampang Pulau Madura berpotensi mengalami keterlambatan dalam pembangunan di sektor Desa.

Pasalnya, dua Desa tersebut belum melakukan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama Tahun 2023, sedangkan desa lainnya rata-rata sudah rampung.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang,Cholilurrohman melalui Stafnya Moh Imam.

“Sampai saat ini pengajuan pencairan DD masih ada 178 Desa, dari Total 180 Desa di Kebupaten Sampang,” ujarnya.

Tidak diketahui secara pasti alasan dua desa itu terlambat proses pengajuannya, namun ia menilai mungkin masih menyiapkan berkas atau syarat kelengkapan administrasi pengajuan.

“Misalkan tidak mengajukan pencairan, otomatis tidak bisa mencairkan DD Tahun 2023 tahap pertama,” tuturnya.

Adapun, Dua Desa yang belum melakukan pencairan yakni,Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates, Desa Baruh, Kecamatan/Kabupaten Sampang.

Sementara, untuk total percairan Anggaran Dana yang bersumber dari APBN tahap pertama itu kurang lebih sebesar 224 milyar untuk 180 Desa.

Pencairannya langsung ditranfer ke rekening kas Desa masing-masing dengan sesuai topoksi anggaran setiap Desa.

“Tidak akan ada pemotongan karena penyaluran DD langsung ke Rekening Kas Desa (RKD),bukan ke kas daerah lagi,” tutup Moh Imam.

Sementara itu Haris PJ Kades Baruh saat dihubungi awak media DORRONLINE tidak merespon meski ponselnya dalam kondisi aktiv Minggu (04/06/2023).(awa)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close