Peristiwa

Warga Tambakrejo Guyup Rukun Ikuti Rangkaian Sedekah Bumi dan Arak Tumpeng

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sebagai bentuk rasa syukur sekaligus melestarikan tradisi, warga Dusun Gumining, Desa Tambakrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik menggelar sedekah bumi dengan berbagai kegiatan.

Mulai dari arak-arakan tumpeng raksasa keliling kampung pada pagi harinya hingga doa bersama dan sholawatan pada malam harinya. Rangkaian kegiatan sedekah bumi ini mendapat antusias luar biasa dari warga desa setempat.

Kepala Desa Tambakrejo Latib mengatakan sedekah bumi ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil alam yang diperoleh warga desanya. Dan tentunya warga berharap adanya keberkahan dari yang maha kuasa.

“Kami berharap kegiatan sedekah bumi ini membuat warga semakin guyup rukun, makin kompak dan semoga mendapat keberkahan berupa kesehatan, panjang umur dan rejeki yang melimpah,” ungkap Kades Latib, Jumat (25/10/2024) malam.

Latib menyebut, rangkaian kegiatan sedekah bumi diawali dengan mengarak tumpeng raksasa berisi buah-buahan dan sayur-sayuran. Adapula pawai yang diikuti ratusan warga dengan kostum menarik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan acara sedekah bumi di Dusun Gumining ini. Mulai dari panitia, perangkat desa, karang taruna dan BPD,” bebernya.

Kepala Dusun Guming Zainal Arifin menambahkan, kegiatan sedekah bumi ini ternyata mendapat antusias luar biasa dari seluruh masyarakat. Dia pun berharap Dusun Gumining semakin guyup rukun.

“Kegiatan sedekah ini sebagai bentuk rasa syukur kami. Melihat antusias masyarakat yang luar biasa, kami berharap acara ini bisa terlaksana tiap tahun sebagai tradisi dusun,” pungkasnya.(Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close