Peristiwa

Launching Desa Berdaya, Pemdes Sidoraharjo Gelar Karnaval Desa Berdaya

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM -Launching Desa Berdaya
Pemerintah Desa Sidoraharjo kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik menyelenggarakan Karnaval Desa Berdaya yang dilaksanakan, Minggu (20/20/2024). Siang

Karnaval desa berdaya tersebut di pimpin secara langsung oleh kepala Desa (Kades) Sidoraharjo Suwoto bersama sang istri Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sidoraharjo dengan menaiki kereta kencana.

Dengan mengusung tema “Mengembangkan Potensi dan Membangun Negeri” launching Desa berdaya Desa Sidoraharjo yang dilaksanakan di alun alun Desa Sidoraharjo dihadiri oleh Kades Sidoraharjo Suwoto beserta seluruh perangkat, Forkopimcam Kedamean (Camat Irwanto, S.T.., Kapolsek Iptu Suhari S.H dan Danramil Kapten Inf. Hari Susanto), perwakilan dari PMD provinsi Jawa Timur Didid Mukmin Muzi, perwakilan PMD Kabupaten Gresik, ketua BPD beserta anggota, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa, Toga dan Tomas.

Dalam sambutannya Kades Sidoraharjo Suwoto mengucapkan rasa syukur di tahun 2024 ini Desa Sidoraharjo di tunjuk secara langsung oleh Dinas PMD provinsi Jawa Timur untuk menjadi Desa berdaya, ini suatu kebanggaan bagi saya pribadi dan suatu kebanggaan juga bagi seluruh warga masyarakat Desa Sidoraharjo, ucapnya.

“Saya yakin dan seyakin-yakinnya tanpa dukungan dan support dari seluruh warga masyarakat Desa Sidoraharjo yang selalu guyub, rukun, kompak dan gotong royong yang akhirnya Desa Sidoraharjo ditunjuk dan terpilih menjadi Desa berdaya”, ujar Kades Suwoto.

Kades Suwoto juga mengatakan bahwa ini adalah sebuah prestasi dan nilai yang tidak bisa diukur dengan apapun ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga masyarakat Desa Sidoraharjo, katanya.

Kades Suwoto berharap dengan ditunjuknya Desa Sidoraharjo menjadi Desa berdaya, mudah mudahan Desa Sidoraharjo berdaya masyarakatnya, berdaya budayanya dan mudahan mudahan dengan ditunjuknya Desa Sidoraharjo menjadi Desa berdaya ini seluruh masyarakat bertumbuh kembang sosial budayanya, politiknya dan semuanya bermanfaat bagi kita semua, harapnya.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat desa Sidoraharjo yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan launching Desa berdaya ini semoga ditahun berikutnya Desa kita Sidoraharjo yang tercinta ini benar-benar menjadi Desa yang baldatun Thoyibatun warobbun Ghofur”, tutupnya.

Sedangkan Camat Kedamean Irwanto pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada Desa Sidoraharjo yang telah terpilih menjadi Desa berdaya yang merupakan program dari Dinas PMD provinsi Jawa Timur.

Camat Irwanto mengatakan bahwa Desa yang ada di seluruh kabupaten Gresik ini ada dua Desa yang telah terpilih menjadi Desa berdaya dan salah satunya adalah Desa Sidoraharjo ini”, katanya.

“Mudah mudahan dengan mendapatkan prestasi Desa berdaya ini dapat membawa berkah bagi seluruh warga masyarakat Desa Sidoraharjo”, imbuhnya.

“Dengan mendapatkan predikat Desa berdaya ini kami berharap masyarakat Desa Sidoraharjo bisa berdaya dari semua sisi yang salah satunya berdaya di dalam ekonomi dan saya berharap ekonomi baik UKM atau apapun bisa bertumbuh kembang sehingga perekonomian masyarakat Desa Sidoraharjo bisa dirasakan dan dinikmati oleh semua warga Masyarakat Desa Sidoraharjo” ujar Camat Irwanto.

Camat Kedamean Irwanto juga berpesan khususnya kepada tim konten kreator bisa secara masif dan update bagaimana caranya agar Desa berdaya Desa Sidoraharjo ini yang khususnya di alun-alun Desa Sidoraharjo ini bisa dipromosikan ke semua kalangan masyarakat dengan menggunakan media sosial (Medsos), pesannya.

“Saat ini media sosial sangatlah penting untuk menjual ataupun mempromosikan kepada masyarakat, untuk itu pesan saya kepada tim kreator agar bisa lebih aktif serta bisa membuat kegiatan yang bisa menarik para pengunjung untuk datang ke alun- alun Desa Sidoraharjo ini”, pungkasnya.

Sementara perwakilan dari Dinas PMD provinsi Jawa Timur Didid Mukmin Muzi, manyampaikan di kabupaten Gresik ini ada dua desa yang telah dipilih menjadi desa berdaya yang salah satunya Desa Sidoraharjo ini.

“Harapan kami dengan terpilihnya Desa Sidoraharjo ini menjadi Desa berdaya kedepannya perekonomian di Desa Sidoraharjo ini bisa semakin meningkat karena dengan icon yang dipilih ini dapat menyumbangkan pendapat asli Desa (PAD) di desa Sidoraharjo dengan demikian pendapat bisa bertambah dan bisa mengembangkan ke sektor sektor yang lain” harapnya.

“Kebetulan di alun-alun Desa Sidoraharjo ini aset desa sudah banyak dan nantinya bisa ditata dengan kegiatan kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Sidoraharjo ini” ujarnya.

Didid Mukmin Muzi mengatakan bahwasanya Desa Sidoraharjo ini mendapatkan predikat Desa berdaya karena status Desanya sudah mandiri sehingga mendapatkan reward dari provinsi melalui dinas PMD Jatim dan untuk tahun 2024 ini di kabupaten Gresik ada dua Desa yang terpilih yakni Desa Cagak Agung Kecamatan Cerme dan Desa Sidoraharjo Kecamatan Kedamean, katanya.

Dinas PMD provinsi Jawa Timur secara resmi launching Desa berdaya Desa Sidoraharjo menjadi penutup kegiatan karnaval Desa berdaya Desa Sidoraharjo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. (R_wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close