Peristiwa

Permudah Akses Pertanian Pemdes Palebon Revitalisasi Jalan Desa Antar Kabupaten

Teks Foto: Jalan poros desa yang diperbaiki u tuk memudahkan akses perekonomian warga.

GRESIK. DORRONLINENEWS.COM – Pemerintah Desa Palebon Kecamatan Duduksampeyan melalui dana BK 2023 sebesar Rp 130 juta, merevitalisasi jalan poros desa sepanjang 53 Meter.

Meski tergolong jalan poros desa, namun fungsi jalan tersebut sangat vital bagi 1200 warga Desa Palebon. Selain sebagai jalan penghubung dua desa di Kabupaten Gresik, jalan tersebut juga jalan alternatif bagi warga dua desa di Kabupaten Lamongan.

Kepala Desa Palebon, Taukhid mengatakan perbaikan jalan tersebut sangat penting karena satu satunya jalan keluar masuk desa menuju Jl Raya Pantura.

“Selain Desa Palebon, jalan ini juga bermanfaat bagi warga Desa Bendungan yang lokasinya di belakang desa kami. Hanya melalui jalan ini, warga dua desa ini bisa ke Jalan Pantura yang menuju Lamongan atau Kota Gresik,’ ujar kades

Selain warga Gresik, ujar Kades Taukhid, jalan ini juga jalan alternatif bagi warga Desa Kalimalang dan Desa Wukir Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan.

“‘Biasanya warga Kalimalang dan Wukir membawa gabah dengan sepeda motor, lalu ditempatkan di Bendungan kemudian diangkut dengan mobil kecil untuk dijual dengan melewati jalan ini,” tambahnya.

Kades yang pensiunan TNI AL ini menjelaskan, jalan yang diperbaiki tersebut dulunya hasil.swadaya warga. Sekarang pihaknya menguatkan struktur jalan tersebut, dengan rabat besi lalu dicor semen.

“Dengan kondisi jalan yang kuat, Pemdes Palebon berharap bisa meningkatkan perekonomian warga yang kebanyakan petani tambak. Apabila masyakarat kuat, otomatis juga menguatkan pemerintah desa,” harapnya. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close