Peristiwa

Lattek Surta Hidros Terpadu Pusdikhidros TA. 2024 Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Jalasena Bidang Hidro-Oseoanografi

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Siswa Dikspespa Hidros, Dikba Hidros dan Mahasiswa S-1 STTAL Prodi Teknik Hidros Pusdikhidros Kodikopsla Kodiklatal mengikuti Latihan Praktek (Lattek) atau Comprehensive Final Field Project (CFFP) Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi (Surta Hidros) JAWARA-24 di Perairan Karangantu, Serang Banten selama 30 hari.

Danpusdikhidros Letkol Laut (P) Tri Ariyah Hari Saputra bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Pembukaan Lattek Surta Hidros JAWARA-24 ini turut dihadiri oleh Komandan Sepa Hidros, Komandan Seba Hidros, Kaprodi S1 STTAL Hidros, Perwakilan Politeknik AUP, para Instruktur dan para Staf Latihan Pendukung Lattek.

Lattek Surta Hidros TA.2024 yang diikuti oleh 44 orang Siswa atau pelaku yang terdiri dari 15 Pasis Dikspespa Hidros, 7 Siswa Dikba Hidros dan 10 Mahasiswa S-1 STTAL Hidros serta 12 Taruna/i partisipan dari Politeknik AUP Jakarta dan AUP Karawang.

Dalam amanatnya Danpusdikhidros menyampaikan beberapa penekanan diantaranya yaitu, Rencanakan kegiatan Lattek Surta Hidros sesuai Prosedur dan Standar yang benar. Melaksanakan pengukuran Geodetik, pengukuran kedalaman laut, pengamatan dan pengukuran unsur-unsur Oseanografi, pengamatan unsur-unsur Meteorologi serta pengumpulan data kewilayahan (Geografi Maritim) untuk mendukung operasi militer dan keselamatan pelayaran dengan baik dan benar sesuai standar prosedur.

Selain itu, mampu menyajikan data Hidrografi dalam bentuk Lembar Lukis Lapangan dan Laporan Hasil Latihan Praktek, Data Oseanografi dalam bentuk Grafik dan Tabel Konstanta Pasang Surut, pengolahan Data Meteorologi dalam bentuk Wind Rose, Wave Rose, dan Prosentase unsur-unsur Meteorologi, serta menyajikan data Geografi Maritim.

Danpusdikhidros berharap seluruh Siswa Dikspespa dan Mahasiswa S-1 STTAL Hidros yang terlibat sebagai Pelaku Lattek dapat memenuhi persyaratan guna memperoleh sertifikat kompetensi internasional sebagai Hydrographic Surveyor Category-B yang telah ditetapkan oleh Internasional Board Standard of Competence (IBSC), sedangkan bagi Siswa Dikba Hidros diharapkan mampu menjadi asisten surveyor hidrografi.

Sebelum mengakhiri amanatnya Danpusdikhidros mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Komandan Pushidrosal, Komandan STTAL atas dukungan Instruktur dan Alins-Alongins yang berguna membantu kelancaran pelaksanaan Lattek ini, serta kepada Direktur Politeknik AUP KKP yang telah mendukung sarana dan prasarana kampus Politeknik AUP Karangantu Serang untuk dijadikan sebagai Posko Lapangan pelaksanaan Lattek Surta Hidros JAWARA-24. (Pen Kodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close