Peristiwa

Temuan Survei Pilkada Lumajang, Tingkat Kepuasan Publik Dan Elektabilitas Calon Bupati Dan Wakil Bupati

LUMAJANG,DORRONLINENEWS.COM – Lembaga PETISI Indonesia (Pengembangan Pusat Riset dan Demokrasi Indonesia) telah merilis hasil survei terbaru mengenai kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Lumajang serta elektabilitas calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

Survei ini dilaksanakan pada periode 17 Juli hingga 3 Agustus 2024, dengan melibatkan 800 responden dan margin of error (MoE) sebesar 3,5% serta tingkat kepercayaan ±95%.

Kepuasan Publik terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten Lumajang

Hasil survei menunjukkan bahwa kepuasan terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Lumajang di bawah kepemimpinan H. Thoriqul Haq dan Indah Amperawati Masdar mencapai rata-rata 71%.

“Secara kuantitatif, kepuasan publik cukup tinggi karena berada di atas 70%,” kata Moh Khoirul Umam Peneliti PETISI Indonesia

Dalam pertanyaan top of mind mengenai figur calon Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq memperoleh dukungan tertinggi sebesar 50,6%, disusul oleh Indah Amperawati Masdar dengan 19,6%, dan As’at Malik dengan 1,6%. Nama lainnya mendapatkan dukungan di bawah 1%.

Top of Mind Calon Wakil Bupati Lumajang

Untuk posisi calon Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar meraih dukungan sebesar 26,1%, diikuti oleh As’at Malik dengan 8,9%, dan Lucita Izza Rafika dengan 5,6%. Figur lain memperoleh dukungan di bawah 5%.

Dalam simulasi tertutup yang melibatkan tujuh nama calon Bupati, H. Thoriqul Haq memperoleh dukungan sebesar 52,8%, disusul oleh Indah Amperawati Masdar dengan 22,5%. Calon lainnya seperti As’at Malik mendapatkan 2,6%, Umar Bashor 1,8%, Rofik 0,6%, Agus Wicaksono 0,5%, dan Eko Adi Prayoga 0,1%. Sebanyak 19,1% responden tidak memberikan jawaban.

Dalam simulasi head to head dua nama calon Bupati, H. Thoriqul Haq unggul dengan dukungan 63,5%, sementara Indah Amperawati Masdar memperoleh dukungan 24,9%. Sebanyak 4% responden memilih untuk merahasiakan pilihannya dan 7,6% tidak memberikan jawaban

Sebaran dukungan berdasarkan afiliasi organisasi masyarakat (Ormas) NU menunjukkan bahwa mayoritas pemilih mendukung H. Thoriqul Haq sebanyak 64%, sedangkan Indah Amperawati Masdar mendapatkan dukungan 24%. Sebanyak 4% responden memilih merahasiakan dukungannya dan 8% tidak memberikan jawaban.

Migrasi Dukungan Pemilih Capres – Cawapres pada Pilpres 2024

Survei ini juga menemukan migrasi dukungan pemilih Capres-Cawapres pada Pilpres 2024. Pemilih Anies Baswedan-Muhaimin mendukung H. Thoriqul Haq sebesar 66%, Indah Amperwati Masdar 25%, dan 10% tidak memberikan jawaban. Pemilih Prabowo-Gibran memilih H. Thoriqul Haq sebesar 62%, Indah Amperawati Masdar 26%, 4% memilih merahasiakan pilihannya, dan 7% tidak memberikan jawaban. Sedangkan untuk pemilih Ganjar-Mahfud, sebanyak 54% mendukung H. Thoriqul Haq, 22% mendukung Indah Amperawati Masdar, 10% memilih merahasiakan pilihannya, dan 15% tidak memberikan jawaban.

Hasil survei ini memberikan gambaran yang jelas mengenai peta politik di Kabupaten Lumajang menjelang Pilkada 2024. “Dukungan yang kuat terhadap H. Thoriqul Haq mencerminkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap kepemimpinan beliau,” ujar Khairul Umam. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close