Peristiwa

Semarakkan Kemerdekaan Indonesia, Antap dan Siswa Kodiklatal Ikuti Upacara HUT Ke-79 RI

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM -Dalam rangka menyemarakkan Kemerdekaan Indonesia, Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Dr. Taufik Arief memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 yang diikuti seluruh Anggota Tetap (Antap) dan Siswa Kodiklatal, bertempat di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Sabtu (17/08/2024).

“Marilah kita jadikan momen Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai tonggak baru dalam memperkuat komitmen dan integritas kita untuk menjadi Prajurit dan PNS TNI yang siap mendukung pembangunan nasional dan kehadiran bermanfaat bagi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tegas Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam amanatnya yang dibacakan Dankodikdukum.

Menurut Panglima TNI, Upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus tahun ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju.” Momentum bersejarah ini melambangkan transisi perpindahan ibu kota, sekaligus keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru nanti.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa peringatan hari ulang tahun kemerdekaan, pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang pendiri Republik ini, yaitu para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah berkorban jiwa dan raga.

Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan, serta melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“TNI sebagai komponen utama dalam Sistem Pertahanan Semesta harus mampu menjadi pelopor perekat kemajemukan bangsa agar Indonesia tetap utuh, kuat dan tangguh. Untuk itu, setiap personel TNI harus selalu menggelorakan rasa kebersamaan, toleransi dan solidaritas di lingkungannya masing-masing guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa”, tandasnya. (Pen Kodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close