Peristiwa

KPU Gresik Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM –
Pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Gresik 2024 resmi dibuka, Selasa (27/8/2024). Sesuai tahapan, pendaftaran ini akan dibuka selama tiga hari hingga 29 Agustus mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik pun telah mematangkan berbagai persiapan untuk kelancaran tahapan pendaftaran paslon. Antara lain memperkuat help desk KPU dan koordinasi dengan pihak terkait.

Ketua KPU Gresik Akhmad Taufik mengungkapkan, pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. “Untuk hari terakhir Kamis (29/8), pendaftaran akan dibuka hingga 23.59 WIB,” ujarnya, Selasa (27/8).
Guna kelancaran proses pendaftaran, KPU juga membuka komunikasi dengan liaison officer (LO) masing-masing parpol atau paslon. Hal ini penting untuk persiapan berkas yang harus dilampirkan paslon saat mendaftar.

Setelah pendaftaran, akan dilakukan tahap verifikasi terhadap berkas paslon kemudian melakukan cek kesehatan dan teknis persyaratan lainnya. Sementara penetapan calon bupati dan wakil bupati Gresik dilaksanakan 22 September 2024.
Di hari pertama pendaftaran Pilbup Gresik, paslon Fandi Akhmad Yani-Asluchul Alif berangkat mendaftar diiringi ratusan kader parpol pengusung dan simpatisan. Setelah ziarah di Masjid Jami’ Gresik, paslon YA-Alif itu berangkat ke Kantor KPU Gresik.

Paslon tersebut berangkat dari kawasan Alun-alun Gresik dengan menaiki kendaraan yang sudah dihias bernuansa kereta kencana. YA-Alif serasi mengenakan pakaian adat berwarna putih. Kirab kebudayaan mengantar keduanya untuk mendaftarkan diri.


Sebelumnya, Asluchul Alif menyebut sudah sudah mengantongi rekomendasi dari enam parpol parlemen dan satu parpol non parlemen. Yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PAN, NasDem, dan Demokrat Serta PKB. Dan satu parpol non parlemen PKS.

Jika diakumulasi, kekuatan koalisi besar akan bertarung untuk mengantarkan YA-Alif memenangi Pilkada 2024. Mereka berhasil memperoleh dukungan 33 kursi DPRD Gresik. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close