Peristiwa

70 Penari Topeng Kaliwungu Tampil Dalam South Beach Festival Segoro Topeng Kaliwungu 2024

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – South Beach Festival Segoro Topeng Kaliwungu 2024 yang digelar di Pantai Watu Pecak, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Minggu (25/08/2024) berlangsung meriah dan sukses. Kegiatan itu digelar sejak tahun 2023, event tersebut selalu sukses membuat decak kagum masyarakat yang hadir untuk menonton.

Di tahun kedua ini, sebanyak 70 penari topeng Kaliwungu dari kalangan pelajar berhasil memberikan suguhan pertunjukan yang memukau. Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni yang hadir menyaksikan pertunjukan tersebut mengapresiasi atas terselenggaranya event Segoro Topeng Kaliwungu dan jaran kencak.

Menurutnya, sebuah event yang dilaksanakan pada destinasi wisata alam berdampak terhadap meningkatnya kunjungan wisatawan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar wisata. “Semoga melalui event ini nantinya Kabupaten Lumajang akan lebih dikenal dan banyak wisatawan yang hadir ke Lumajang, sehingga nantinya perekonomian masyarakat disekitar wisata akan lebih meningkat”, ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap event South Beach Festival Segoro Topeng Kaliwungu yang akan direncanakan setiap tahun dapat digelar dengan kualitas yang lebih meningkat, sehingga nantinya event tersebut bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Haris menjelaskan, tujuan dari event tersebut yakni untuk meningkatkan promosi dan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Serta mengangkat potensi budaya dan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal di Kabupaten Lumajang sehingga dapat dikenal internasional.

“Kegiatan ini juga sebagai apresiasi dan wadah bagi seniman dan pelaku ekonomi kreatif untuk terus berkarya secara berkelanjutan”, pungkasnya. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close