Peristiwa

104 Siswa Kodiklatal Siap Mengabdi Sebagai Jalasena Berbaret Pomal

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM -Inspektur Kodiklatal (Ir Kodiklatal) Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri Upacara Tradisi Penganugerahan Baret Korps Polisi Militer Siswa Dikspespa Pomal TA. 2024, Susbakat Pomal TA. 2024, Dikmaba 43/2 Kejuran Pomal TA. 2023 dan Sustkat Pomal TA. 2024, bertempat di Lapangan Dharma Wira Satya Pusdikpomal Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis (01/08/2024).

Dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksda TNI Samista, kegiatan ini di ikuti 104 orang Siswa terdiri dari 9 Siswa Dikspespa, 25 Siswa Susbakat, 25 Siswa Sustakat dan 45 Siswa Dikmaba 43/2. Penganugerahan Baret Pomal tersebut juga ditandai dengan Pernyataan Peresmian Penerimaan Prajurit Korps Polisi Militer oleh Inspektur Upacara yang dilanjutkan Penganugerahan Baret kepada para Siswa.

Adapun rangkaian acara kali ini, para Siswa juga menampilkan demonstrasi bela diri militer, operasi penyergapan dan penangkapan, penyiraman air kembang setaman dan pemasangan Baret serta Pengucapan Janji Setia Prajurit Korps Polisi Militer TNI AL.

Danpuspomal dalam amanatnya mengatakan bahwa, pembaretan yang merupakan identitas dan jati diri dari Korps Polisi Militer Angkatan Laut telah kalian sandang sebagai insan Prajurit Penegak Hukum yang kalian gunakan tidaklah mudah, karena kalian harus dapat menunjukkan kedisiplinan yang tinggi. Patuh terhadap hukum dan juga mampu untuk menegakkan tata tertib sebagai jati diri sejati seorang penegak hukum yang humanis, responsif dan profesional.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa Upacara Penganugerahan Baret Korps Pomal yang dilaksanakan pada hari ini, bukan sekedar rangkaian seremonial semata, namun merupakan salah satu wujud implementasi pembinaan tradisi Korps Polisi Militer Angkatan Laut yang diturunkan dari generasi ke generasi, yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan penanaman rasa kebanggaan serta kehormatan kepada Korps yang telah kalian sandang.

“Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, Prajurit Korps Polisi Militer harus dapat bersinergi dengan satuan TNI, Polri dan Pemerintah setempat, guna terjalin kerja sama yang baik dalam penanganan suatu perkara maupun pelaksanaan tugas-tugas lainnya”, ungkapnya.

Selain itu, setiap Prajurit Polisi Militer harus mampu meningkatkan kemampuan diri secara profesional dalam melaksanakan tugas dan selalu memberikan yang terbaik untuk TNI Angkatan Laut. Sebelumnya Danpuspomal juga berkesempatan melaksanakan Courtesy Call (CC) kepada Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono yang didampingi Pejabat Utama (PJU) Jajaran Kodiklatal. ( pen Kodiklatal )

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close