Peristiwa

Walikota Blitar, BEN Carnival III 2024, Populerkan Budaya dan Wisata

BLitar, DORRONLINENEWS.COM – Pemerintah kota Blitar menggelar Blitar Ethnic National (BEN) Carnival III tahun 2024, dengan tema Blitar Keren Awesome Indonesia. Hal tersebut dilakukan sebagai wahana mempopulairkan budaya dan pariwisata di kancah Internesional, Sabtu (13/7/24).

Dalam moment yang menjadi kalender tahunan ini melibatkan 53 peserta dengan menampilkan seni budaya untuk memeriahkan BEN Carnival 2024 di Kota Blitar.

“Ada 49 budaya Indonesia dan 4 budaya benua melintas dari panggung kehormatan jln A. yani depan Kantor DPRD Kota Blitar menuju finish jalan Merdeka melintasi depan Kantor Walikota Blitar,” ujar Wali Kota Blitar Santoso, saat mengawali pidatonya.

Menurutnya, tahun ini BEN Carnival memiliki makna yang istimewa karena ada 13 daerah anggota Komwil IV Apeksi yang mengirimkan delegasi budaya dan menampilkan kesenian di BEN Carnival termasuk ada beberapa warga negara asing dan beberapa daerah di luar Jawa yang ikut berpartisipasi.

Santoso, mengaku, bahwa BEN Carnival bagian dari upaya pemerintah kota Blitar untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan wawasan kebangsaan melalui jalur seni dan budaya hal ini sesuai dengan tema Go Internasional BEN Carnival 2024 yaitu Blitar Keren, Awesome Indonesia.

“BEN Carnival merupakan cerminan aspirasi dan tekad kita untuk membawa pesona dan keindahan budaya, Indonesia melintasi batas-batas Negara,”jelasnya .

Maka hari ini lanjut Walikota Blitar, kita tampilkan budaya dari Aceh sampai Papua, dari Sabang sampai Merauke untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki budaya yang luar biasa.

Santoso menjelaskan, Kegiatan BEN Carnival adalah wujud semangat nasionalisme sekaligus rasa syukur kita hidup dan tinggal di sebuah negara yang kaya dengan seni dan budayanya.

“Kegiatan ini selaras dengan pesan Bung Karno nation and character building, sekaligus untuk menjalankan salah satu amanat Trisakti Bung Karno Indonesia harus berkepribadian dalam bidang kebudayaan,”tandasnya.

Santoso menuturkan, Melalui Blitar Etnik Nasional Carnival seperti ini juga ada sisi pewarisan nilai lokal, nasional maupun internasional guna menggerakkan ekonomi masyarakat dan melestarikan nilai-nilai asli Indonesia yang dapat dikemas dengan pertunjukan yang modern,

“Kota Blitar ini boleh maju dan terus berkembang tetapi kemajuan itu tidak boleh melupakan jati diri dan budaya bangsa yang adi luhung,”tuturnya.

Masih Santoso, BEN Carnival III kota Blitar yang menampilkan berbagai budaya tanah air, agar menggugah rasa nasionalisme generasi muda, bahwa selain Indonesia itu kaya dengan budaya, hal ini juga bentuk implementasi Tri Sakti dari Bung Karno, Indonesia berkepribadian dalam budaya,” tandasnya lagi

Walikota Blitar mengapresiasi dukungan dari Kemenparekraf terhadap acara BEN Carnival. Kemeriahan ini juga tetap didukung oleh peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkot Blitar yang berkolaborasi dengan seniman dari daerah lain.

Penampilan seluruh peserta pawai begitu memukau penonton, dari ajang tahunan ini, Walikota juga berharap ada peningkatan pendapatan bagi pelaku UMKM kota Blitar. (Lina)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close