Peristiwa

Satdik-3 Kodiklatal Resmi Melantik 99 Prajurit Jalasena TNI AL

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah memimpin Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 99 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut, Angkatan Ke-44 TA 2024 Satuan Pendidikan (Satdik) – 3 Kodiktal, bertempat di Lapangan Upacara Satdik 3 Kodiklatal Sorong. Senin (29/07/2024).

Adapun pelaksanaan kegiatan ini, di tandai dengan Penyematan Tanda Pangkat oleh Inspektur Upacara dan Pengambilan Sumpah Prajurit serta Penandatangan Berita Acara Sumpah Prajurit.

Dalam amanat Dankodiklatal yang dibacakan Wadan Kodiklatal mengucapkan selamat kepada 99 orang Siswa, atas pelantikan menjadi Tamtama TNI AL dengan pangkat Kelasi Dua. Semoga pendidikan Dasar Keprajuritan (Sarrit) selama tiga bulan dan Dasar Golongan (Sargol) selama satu bulan, diharapkan para Siswa mampu meningkatkan jiwa keprajuritan yang tanggap, tanggon dan trengginas serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang siap dikembangkan dalam Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) yang akan dilaksanakan selama dua bulan di Satdik-3 Kodiklatal Sorong.

“Melalui Sumpah yang baru saja diucapkan, saat ini para Siswa secara resmi telah menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut. Untuk itu, saya ingatkan bahwa Saudara telah berjanji kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, untuk menjalankan segala kewajiban sebagai seorang Prajurit Jalasena dengan penuh rasa tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disiplin Keprajuritan yang dilandasi oleh Jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut”, tegas pesan Dankodiklatal yang disampaikan Laksda Eko Wahjono.

Menurutnya, dalam Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan nanti, 99 Siswa Dikmata TNI AL tersebut akan dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan Profesi Matra Laut sesuai dengan Korps dan Kejuruan masing-masing.

Kegiatan yang dihadiri Pimpinan TNI-Polri Wilayah Sorong, Forkopimda Wilayah Sorong dan Pejabat Utama (PJU) Kodiklatal, juga dimeriahkan dengan acara Demontrasi PBB yang dibawakan Siswa Satdik – 3 Sorong, Bongkar Pasang Senjata, Karate, Jalaraga, Bela Diri Militer, Tari-tarian Khas Papua serta Yel-Yel Siswa Satdik – 3 Sorong.

Sedangkan yang menjadi Komandan Upacara (Danup) adalah Mayor Mar Wahidi yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Sekolah Dasar Militer (Dansesarmil) Satdik 3 Kodiklatal Sorong. Sementara itu, berhasil menjadi Siswa Dikmata TNI AL terbaik dari Satdik-3 Kodiklatal yaitu Kld Ang La Rusmiadi Pleton T1 – 27 yang berasal dari Panda Lantamal IX Ambon.. (pen Kodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close