Peristiwa

PSTD Persatu Gelar Pengesahan Akbar,Begini Pesan Kangmas Sukamsir

MADIUN, DORRONLINENEWS.COM -Perguruan silat Persaudaraan Pencak Silat Dan Tenaga Dalam Persaudaraan Rasa Tunggal Pusat Madiun mengadakan pengesahan akbar bagi warga barunya se hawa timur. Para pendekar dan warga kontak itu diminta untuk mampu mengendalikan diri.

Prosesi pengesahan para warga baru PSTD PERSATU itu berlangsung di Gedung MI Miftahul Khoirot yang berlamat di jln.Masjid rt 02 / rw 01 desa sambirejo kecamatan Geger kabupaten madiun.
Suasana khidmat menyelimuti prosesi pengesahan warga baru perguruan silat Persaudaraan Rasa Tunggal yang dilaksanakan setiap bulan Suro atau Muharram ini.


Lokasi pengesahan warga baru PSTD PERSATU itu pun tampak mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian daru polresta madiun,polres madiun,kodim madiun serta jajaran polsek dan koramil geger selama jalannya prosesi upacara pengesahan warga.

Ketua Umum PSTD PERSATU Abdul Rochim menuturkan, bulan Suro tahun ini ada ratusan calon warga Pendekar dan warga kontak yang akan di-sahkan menjadi warga baru dari beberapa wilayah di jawa timur diantaranya cabang banyuwangi,cabang gresik,cabang sidoarjo,cabang tulungagung,cabang ponorogo,cabang pacitan,cabang magetan dan madiun raya yang berjumlah kurang lebih 800 peserta termasuk penggembira.

“Iya, total ada 700 – 800 calon warga & penggembira yang mengikuti pengsahan menjadi warga baru,dan alhamdulilah prosesi pengesahan bisa berjalan lancar.” ungkapnya.
Disela-sela prosesi pengesahan, Sukamsir salah satu dewan pendekar beliau ini salah satu murid angkatan pertama dari Rm Sutadi Rakanta memberikan sedikit wejangan kepada para calon warga baru PSTD. Ia berpesan agar warga baru bisa menjadi panutan masyarakat.

“Semoga kelak kalian menjadi pendekar yang menjadi panutan,ajarkan ilmu Roso Tunggal yang baik kepada adik adikmu kelak dan menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat.” ungkap Sukamsir.

Pengesahan ratusan warga baru PSTD PERSATU ini juga turut disaksikan Bu sayekti istri dari Rm Sutadi Rakhanta Selaku Guru Besar Sekaligus Pendiri Persaudaraan Rasa Tunggal,Beliaupun turut memberikan amanat kepada warga baru.
Warga PSTD PERSATU harus menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan, kedua jadilah warga yang percaya diri dan mampu mengendalikan dirinya seperti apa yang dimiliki oleh Almarhum Rm sutadi rakantha.” tegasnya.

Ibu sayekti juga berpesan agar warga PSTD PERSATU bisa menghormati dan menjaga kesantunan di lingkungannya, serta menjauhkan diri dari sifat-sifat sombong. (R_win)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close