Peristiwa

Desa Tumpeng Gelar “Kirab Tumpeng” untuk Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

LUMAJANG,DORRONLINENEWS.COM – Desa Tumpeng, yang terletak di kecamatan Candipuro, kabupaten Lumajang, menggelar acara “Kirab Tumpeng” untuk memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah. Kegiatan tersebut adalah bentuk rasa syukur kepada Illahi atas limpahan rejeki yang diberikan ke masyarakat desa Tumpeng, masyarakat sangat antusias atas kegiatan Kirab ini, Sabtu (13/07/2024).

Kegiatan “Kirab Tumpeng” melibatkan lima dusun di desa Tumpeng, yaitu dusun Besuk Selatan, Besuk Utara, Tumpeng Barat, Krajan, dan Tumpeng Timur. Rute kirab dimulai dari balai desa Tumpeng menuju makam Mbah Tuan Sido Branti, sebuah lokasi yang dianggap keramat oleh warga setempat. Acara ini tidak hanya sebagai bentuk penghormatan terhadap tradisi dan budaya lokal, tetapi juga sebagai momen kebersamaan bagi masyarakat desa Tumpeng dalam menyambut tahun baru Islam.

Selama kirab, setiap dusun membawa tumpeng yang dihias dengan berbagai hasil bumi dan makanan tradisional. Warga terlihat antusias mengikuti jalannya kirab, setiap tumpeng dipikul minimal oleh 4 orang. Kepala desa Tumpeng, M Deni Purwadi mengungkapkan rasa syukurnya atas partisipasi aktif dari seluruh warga. “Acara ini bukan hanya sekedar perayaan diantara warga Desa Tumpeng”, ujarnya.

“Tetapi juga sebagai sarana mempererat silaturahmi dan memperkuat rasa kebersamaan,
Kirab Tumpeng di desa Tumpeng ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus melestarikan tradisi dan budaya lokal dalam rangka memperingati momen-momen penting dalam kalender Islam”, pungkasnya. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close