Peristiwa

BPBD Kabupaten Lumajang Juara Umum Gelar Peralatan

LUMAJANG,DORRONLINENEWS.COM – Lomba gelar peralatan dalam Semarak Gelar Peralatan yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) kabupaten Lumajang, Jawa Timur terpilih sebagai juara umum. Selalu siap siaga menjadi kunci utama dalam menghadapi bencana.

Kepala BPBD kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi saat dikonfirmasi awak media mengatakan, bahwa dirinya bangga kepada BPBD Lumajang yang selalu siap siaga. “BPBD atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang mengucapkan terima kasih kepada seluruh multipihak terkait tata kelola penanggulangan bencana”, ujar Patria saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (23/07/2024).

Patria mengungkapkan kebanggaannya kepada BPBD Lumajang yang selalu siap siaga terutama dalam menyiapkan logistik dan peralatan yang menjadi kunci utama dalam menghadapi bencana. “Kebersamaan, sinergitas dan soliditas membuat kita semua sebagai tim tangguh dalam mengurangi dampak resiko bencana di Lumajang”, ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto juga menyampaikan pentingnya kegiatan gelar peralatan, sebagaimana yang dilakukan Jawa Timur. “Kegiatan gelar peralatan ini sangat penting sekali. Karena, keberhasilan penanganan bencana itu 73 persennya ditentukan oleh kesiapan logistik dan peralatan”, jelas Suharyanto.

Setidaknya ada 5 arahan yang ditekankan oleh Kepala BNPB terkait kesiapan logistik dan peralatan. Pertama, terjaminnya logistik dan peralatan yang memadai di setiap daerah. Kedua, pemeliharaan peralatan secara rutin untuk memperpanjang usia pakai peralatan PB secara maksimal. Ketiga, peningkatan kapasitas SDM dalam tata kelola pergudangan logistik dan peralatan agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Keempat, segera bentuk Klaster Logistik dengan menjalin kerjasama bersama stakeholder terkait. “Dan kelima, perlunya membangun digitalisasi sistem manajemen logistik dan peralatan”, pungkas Suharyanto. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close