Peristiwa

Arak Arakan Tumpeng Raksasa Dan Ludruk Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Mojowuku Desa Mojowuku

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Tak kalah dengan masyarakat di wilayah kecamatan Kedamean yang lain, warga Dusun Mojowuku juga mempunyai tradisi sedekah bumi. Warga Dusun Mojowuku itu menggelar kirab tumpeng raksasa dari buah dan sayur yang di arak keliling Dusun menuju kantor balai dusun Mojowuku Desa Mojowuku Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Minggu (28/07/2024). Siang

Tradisi sedekah bumi ini digelar masyarakat Dusun Mojowuku sebagai ungkapan rasa syukurnya kepada sang pencipta atas segala rahmat dan nikmat serta mewujudkannya dengan kirab tumpeng raksasa mengelilingi Dusun.

Kasun Mojowuku Sagi dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat dusun Mojowuku atas partisipasinya yang mana di dalam musim perekonomian yang sulit saat ini warga masyarakat dusun Mojowuku masih semangat guyup dan rukun sehingga sedekah Bumi ditahun ini lebih meriah daripada tahun sebelumnya, ucapnya.

“Semoga dengan acara Sedekah Bumi ini masyarakat dusun Mojowuku selalu diberikan kesehatan dan rizki sehingga ditahun berikutnya kita semua bisa mengadakan kegiatan sedekah bumi ini dengan lebih meriah lagi dan semoga dalam acara sedekah bumi hari ini diberikan kelancaran hingga selesai”, harapnya.

Sementara Kades mojowuku Aji Prawiro mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga dusun Mojowuku yang masih melestarikan tradisi sedekah bumi ini. Kegiatan sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas kesehatan maupun Rizki yang telah diberikan kepada kita semua dan tradisi ini juga sebuah tradisi peninggalan para leluhur kita zaman dahulu yang memang harus kita jaga dan kita lestarikan bersama, ujarnya.

Aji berharap semoga dengan melestarikan tradisi sedekah bumi ini seluruh masyarakat dusun Mojowuku selalu dalam lindungan Allah SWT dari segala macam bahaya maupun bencana dan semoga segala bentuk hasil bumi yang ditanam mendapatkan hasil yang melimpah serta seluruh warga dusun Mojowuku bisa selalu sayup, guyup dan rukun sehingga dalam melaksanakan kegiatan apapun bisa berjalan dengan baik dan lancar”, Harapnya.

Begitu guyup dan rukun seluruh warga berkumpul di halaman balai dusun Mojowuku berdoa bersama dan saling menukar ancak yang dibawahnya. Tidakk hanya itu kegiatan sedekah bumi Dusun Mojowuku ini malamnya juga dimeriahkan dengan pagelaran Ludruk Karya Budaya dari Mojokerto. (Wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close