Peristiwa

Tim Kecamatan Mantup Gelar Monev, Pelaksanaan DD Tahap I & Fasilitasi Penyaluran DD Tahap II Tahun 2024

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka tertib Administrasi, Pemerintah Kecamatan Mantup Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Dana Desa (DD) tahap I dan Fasilitasi penyaluran Dana Desa (DD) tahap II Tahun Anggaran 2024 yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan Kamis, (27/06/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Tim Monitoring dari Kecamatan Mantup di antaranya Camat Mantup SuwantoSastrodiharjo yang diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) plt Sokip, Kasi Pemerintahan, Kasi PMD, Serta Tim Pendamping Kecamatan. Sedangkan peserta monitoring diantaranya Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta pengurus Bumdes maupun Bumdesma.

Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan.

Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya.

Pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di desa. Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen RPJM Desa, RKP Desa, SPJ, Dokumen BLT-DD, dan dokumen penting lainnya.

Sedangkan terkait pembangunan fisik, telah dilaporkan melalui dokumen pendukung bahwa Dana Desa Tahap I juga digunakan untuk penyaluran BLT-DD.

“Secara keseluruhan administrasi desa dan pembangunan fisik serta non fisik di beberapa desa sudah berjalan baik, seperti yang disampaikan oleh Tim Monitoring Kecamatan dan disarankan untuk melengkapi sedikit beberapa data pendukung yang belum lengkap secara administrasi dikarenakan sebagian masih ada pekerjaan yang belum selesai secara total” ungkapnya ketika dalam menyampaikan hasil monev.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close