Peristiwa

Normalisasi Irigasi Dusun Pengampon, Langkah Tepat & Efektif Memperlancar Pengairan

Teks foto : Normalisasi Irigasi Dusun Pengampon

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dampak musim penghujan memang membutuhkan perhatian extra terhadap kebersihan sanitasi dan lingkungan, diantaranya saluran irigasi mulai dari pengerukan material lumpur, kebersiahan sepanjang areal saluran irigasi yang fungsinya meningkatkan kebersihan dan keasrian juga meningkatkan kelancaran irigasi untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Kurangnya terjaga dan diperhatikannya saluran air menyebabkan pendangkalan pada irigasi pertanian. Akibatnya, bisa menghambat proses pengolahan lahan petani, apa lagi saat musim kemarau tiba. Banyak lahan yang membutuhkan air, namun air tidak mengalir ke persawahan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Setro Achmad Saiful, S.H., terhadap awak media di kantor kerjanya (Balai Desa Setro) Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Selasa, (14/05/2024).

Olehkarenanya, “Perlu dilakukan langkah yang tepat serta efektif guna memperlancar pengairan, yaitu melalui normalisasi irigasi,” ungkap Kades Setro Achmad Saiful, S.H.

Kendati demikian, Saiful panggilan akrab Kades Setro berkoordinasi dan melaporkan terhadap dinas terkait, mengenai permasalahan yang ada di Desanya. Adanya Laporan tersebut langsung ditanggapi dan di realisasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik Ipung bertindak sebagai Tim Pelaksana (Timlak) untuk melakukan normalisasi saluran irigasi pertanian dengan cara pengerukan menggunakan satu alat berat Exsavator (bego).

Sekedar informasi, bahwa normalisasi tersebut dilaksanakan, di dusun Pengampon, Desa Setro sedangkan mengenai pengerjaan dan dananya sendiri murni bersumber dari PUTR Kabupaten Gresik.

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa pedangkalan saluran air merupakan permasalahan klasik yang disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya penumpukan sampah, serta tanaman yang rimbun yang terkesan tak terurus, juga masih adanya sebagian masyarakat yang belum sadar akan kebersihan dengan membuang sampah di saluran air.

Ia pun berharap, “Dengan normalisasi, saluran air dapat berfungsi agar air mengalir dengan baik memenuhi kebutuhan petani. Karena saluran irigasi merupakan salah satu faktor penunjang dalam bidang usaha pertanian,”harapnya.

“Saluran irigasi penting dalam bidang pertanian, tanpa adanya sistem irigasi, usaha pertanian tidak akan berjalan maksimal,” pungkasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close