Peristiwa

Kirab Pataka & Pasamuan Agung, Warnai Puncak Peringatan HJL ke- 455 Tahun

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Kirab dan pembukaan selubung Pataka atau lambang daerah, masih menjadi prosesi wajib di puncak Hari Jadi Lamongan (HJL), termasuk pada peringatan ke-455, yang dilaksanakan pada Minggu, (26/05/2024).

Kirab pataka dengan membawa panji-panji lambang daerah tersebut diawali dari gedung DPRD Lamongan menuju Pendapa Pemkab Lamongan. Seperti biasa kirab pataka diawali dengan pasukan pembawa panji-panji beranggotakan petugas Satpol PP.

Dibelakangnya, diikuti barisan kereta kencana yang ditumpangi Bupati dan Wakil Bupati beserta istri serta anggota Forkompimda lengkap, juga beserta istri. Arak-arakan bertambah panjang karena terdapat para kepala OPD dan camat juga beserta istri mengikutinya dengan naik becak.

Kirab dimulai pukul 07 : 30 WIB dari Gedung Kantor DPRD Lamongan di Jalan Basuki Rahmat kemudian memutari gedung Pemda Lamongan di Jalan Ahmad Dahlan dan berakhir di Pendopo Lokantantra Lamongan.

Sesampainya kirab pataka tiba di Pendapa Pemkab Lamongan langsung dilanjutkan acara pasamuan agung di dalam pendapa. Yakni, Penyerahan panji daerah dari Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur kepada Bupati Yuhronur Efendi untuk disemayamkan.

Menurut pengakuan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Siti Rubikah mengucapkan, “Alhamdulillah prosesi puncak peringatan HJL ke-455 tahun ini berjalan sangat meriah dan sukses dengan disambut antusias masyarakat yang luar biasa,”ucapnya secara singkat.

Sementara itu, Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur menyampaikan dalam sambutannya, “Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengucap syukur dengan hari jadi ini. Mari kita tetap bersemangat untuk menjadikan Lamongan lebih maju lagi,” ucapnya.

Senada, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, momen peringatan HJL 455 menjadi penting sebagai sambung rasa antara pemerintah dan masyarakat. “Seperti kirab tadi, setidaknya bisa dijadikan ajang silaturahmi. Selain itu, agar masyarakat semakin bangga dengan daerahnya, “katanya.

Beliau pun berharap, “Semoga kegiatan seperti ini bisa menjadikan semakin tumbuh rasa memiliki Lamongan, sehingga tumbuh kesadaran saling menjaga dan mendukung demi jalannya pembangunan bisa berkelanjutan,”tukasnya.

Selain itu bertepatan pada momen peringatan HJL tersebut juga dilakukan penyerahan mobil ambulan untuk 6 puskesmas serta penyerahan SK Bupati mengenai perpanjangan masa jabatan terhadap kepala desa se- Kabupaten Lamongan.

Selesai acara masyarakat di manjakan dengan hiburan campursari dengan bintang tamu sinden kondang Niken Salindri yang menghibur masyarakat di Alun-alun kota Lamongan.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close