Peristiwa

Bentuk Nyata Kinerja Kades Markum Bersama Pemdes Tenggiring, Mendapat Apresiasi Dari Warganya

Teks foto : Kepala desa Tenggiring, Kec Sambeng, Lamongan dan kegiatanya

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Desa Tenggiring, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan yang memiliki 4 dusun, kini mengalami kemajuan pesat. Kemajuan pembangunan yang ditorehkan oleh Desa Tenggiring hal itu tidak terlepas dari kerja keras Kepala Desa (Kades) Tenggiring Markum beserta perangkat Desa, Lembaga Desa dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

Abah Markum panggilan akrab Kades Tenggiring Saat ditemui awak media Dorronlinenews.com di kantor desanya. Kamis, (02/05/2024) mengatakan bahwa, “Kesuksesan pembangunan di Desa Tenggiring karena adanya kerja sama yang baik disemua lini diantara dengan perangkat Desa, Lembaga yang ada di Desa dan didukung oleh seluruh komponen masyarakat,” jelasnya.

“Dengan hubungan yang begitu harmonis dan sinergis itulah terbangun situasi dan kondisi yang kondusif dilingkungan masyarakat sehingga ketika progam itu digulirkan atau di florkan oleh Desa kepada masyarakat, progam itu selalu mendapat apresiasi atau dukungan dari seluruh elemen masyarakat”.

Terlebih dukungan masyarakat atas setiap progam progam pembangunan infrastuktur yang ada di Desa Tenggiring. “Ya, Alhamdulillah banyak yang mendukung. Namun apapun penilaian masyarakat terhadap saya sebagai Kepala Desa yang jelas saya memegang prinsip yaitu sebagai pelayan masyarakat kita harus benar benar bekerja secara tulus ikhlas, untuk rakyat,” jawabnya.

Hal ini jika dijabarkan mempunyai makna yang luas sekali, salah satunya adalah “kita harus bekerja keras pantang menyerah demi kemajuan Desa, kita harus menjadi inisiator di Desa artinya sebagai Kepala Desa harus mempunyai gagasan gagasan atau ide-ide, progam progam bagaimana kedepan Desa ini semakin bertambah maju,” tegasnya.

Ditahun 2023, pemerintah Desa Tenggiring di bidang pembangunan Infrastruktur pihaknya banyak melakukan pembangunan salah satunya Pembangunan Kantor Desa, Tembok Penahan Tanah (TPT), Rabat beton, Jalan Usaha Tani (JUT), dll, yang tentunya bermanfaat bagi warga Desa Tenggiring.

Kemudian, “Saat ini kami memanfaatkan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024 mengerjakan infrastruktur Pembangunan Rabat Beton di dusun Tenggiring Rt 008, dan pembangunan Gedung Bumdes yang berada di depan Balai Desa sebelah kanan”.

Sebelum mengakhiri percakapannya ia menambahkan sebuah ungkapan dari lubuk hatinya, “Saat ini yang terpenting mas, Saya ini sudah tua dan saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, untuk itu saya selaku Kepala Desa mungkin selama menjabat Kades atau kepemimpinan saya sampai sekarang ada salah kata ataupun prilaku yang kurang berkenan saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Desa Tenggiring yang mana selama memimpin Desa ada kekilafan atau kesalahan, dan saya akan tetap berusaha yang terbaik berjuang demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Tenggiring,” tambahnya.

Kemajuan pembangunan Desa Tenggiring mendapat acungan jempol dari beberapa tokoh masyarakat, seperti pengakuan dari salah satu warga Dusun Tenggiring laki laki setengah baya berinisial ‘RA’ (55) saat bertemu disebelah lokasi pengerjaan Rabat beton di dusun setempat mereka menyampaikan bahwa ,”kemajuan Desa Tenggiring sangat luar biasa sejak dipimpin oleh Abah Markum, dan kemajuan itu sangat dirasakan oleh masyarakat Dusun Tenggiring tentunya seluruh warga Desa Tenggiring,” cetusnya.

Hal yang sangat menyentuh masyarakat menurut ‘RA’ adalah,” Sebagai seorang pemimpin Abah Markum saat menjadi Kepala Desa Tenggiring adalah beliau merupakan sosok yang sangat bersahaja dengan penampilan yang sangat sederhana, lemah lembut tutur katanya, rendah hati, ringan tangan, mereka sangat peduli dengan kesulitan rakyatnya, tidak sombong, sangat disiplin dan selalu memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, istri dari RA juga menambahkan bahwa,” Keteladanan yang dicerminkan oleh Abah Markum, selama menjabat sebagai Kepala Desa, membuat masyarakat Desa Tenggiring menaruh simpati yang amat dalam, hal itu terlihat dari kedekatan hubungan kades dengan masyarakat disaat ada kegiatan, Kepala Desa selalu berbaur dengan masyarakat.

“Meskipun Kedes telah sukses membawa Desa Tenggiring maju dengan begitu pesatnya, tetapi disana sini masih banyak kekurangan, dan itu wajar karena tidak ada manusia yang sempurna,” celetuk salah satu warga diakhir komentarnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close