Peristiwa

Antisipasi Konflik Antar Perguruan Silat, Bakesbanglinmaspol Lakukan Pendekatan Hingga Akar Rumput

TULUNGAGUNG, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka mengantisipasi konflik antar perguruan silat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tulungagung akan melakukan pendekatan hingga ke akar rumput seluruh perguruan silat yang ada di Tulungagung.

Kabid Kewaspadaan Nasional (Wasnas) Bakesbangpol Tulungagung, Irfan Dwi Cahyono mengatakan, berdasarkan pemetaan yang dilakukan pihaknya, ada beberapa titik di Tulungagung yang masih rawan terjadinya gesekan antar perguruan silat. Salah satunya di wilayah Selatan Tulungagung.

Ada beberapa titik yang masih terjadi konflik. Tapi tidak terlalu signifikan, jika diukur dari luas wilayah, penduduk dan lain sebagainya. Hanya riak-riak kecil,” katanya.

Menyikapi hal itu, Irfan menegaskan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan seluruh pengurus pencak silat yang ada di Tulungagung. Mulai dari tingkat pengurus cabang, ranting dan tokoh-tokoh berpengaruh di setiap perguruan silat.

Hal itu, bertujuan untuk meminimalisir gesekan antar perguruan silat di Tulungagung.

“Kami akan melakukan pendekatan hingga grassroot (red- akar rumput). Jadi tidak hanya pengurus cabang yang kami kumpulkan. Ranting-ranting akan dikumpulkan,” tegasnya.

Selain itu, Irfan menambahkan, pihaknya juga rutin melakukan koordinasi dengan pengurus cabang pencak silat, aparat penegak hukum Tulungagung.
Koordinasi ini dilakukan untuk merumuskan tindakan yang diambil, jika suatu ketika konflik perguruan pencak silat di Tulungagung kembali pecah.

“Kami juga ada agenda rutin koordinasi dengan pengurus cabang silat dan APH. Kami sudah memiliki gambaran pendekatan, semoga bisa jadi solusi agar Tulungagung kondusif,” pungkasnya.(R_win)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close