Peristiwa

Bimbingan Manasik Haji Reguler Tingkat Kecamatan Tahun 1445 H/ 2024 Oleh KUA Balongpanggang di Masjid Al Falah

Teks foto : Suasana Manasik Haji di Kecamatan Balongpanggang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Bertempat Di Masjid Al Falah Desa Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Manasik dilaksanakan 5 hari, Oleh KUA Balongpanggang.

Acara diawali dengan Pembacaan Ayat suci Al Qur’an dan dilanjutkan dengan Sambutan

Ketua Tamir masjid Al Falah H. Moch Mamud dalam sambutannya mengatakan Mugi selalu Rohmat diberikan kelancaran dalam menjalankan rukun Islam yang ke Lima serta mendapatkan hadiah sebagai H. Mabrur.

Mahmud juga menambakan bahwa masjid Al Falah merasa senang apabila manasik Calon jamaah Haji ditempatkan di masjid ini.
karena Masjid Al Fallah letaknya di tengah kecamatan Balongpanggang, artinya calon Jamaah Haji yang di Selatan tidak jauh ataupun sebaliknya.

Kepada Calon Jamaah haji hendaknya dapat mengikuti dengan seksama sebagai bekal nanti sewaktu di Mekkah.

“Kalau di Indonesia menjalankan tugas yang mulia ini dengan baik insyaallah di Makkah nanti akan mendapatkan pahala yang lebih besar”. Tutupnya.

Sedangkan kepala KUA Balongpanggang H. Moch Edy Zainuddin selalu ketua panitia bimbingan manasik haji kecamatan Balongpanggang
Bahwa kegiatan manasik UU8 no 19 tentang pembinaan manasik haji.

Sebagai kepanjangan tangan pemerintah maka berkewajiban untuk Melakukan pembinaan. Memberikan Pelayanan dan Melakukan Perlindungan.

    Tujuan dilakukan manasik haji ini adalah Memberikan bekal terhadap jamaah haji mulai dari pemberangkatan sampai Pulang apa saja yang perlu dipersiapkan.

    Menjadikan jamaah haji untuk menjadi Haji yang mandiri. Artinya apabila jamaah terpisah dari KBIH tidak bingung lagi saat di Mekkah nantinya.

    “Marilah menata hati kita untuk mengikuti manasik dengan seksama, dari awal hingga akhir yang akan mendapatkan Ilmunya”.
    Katanya.

    Perlu diketahui bahwa manasik kali ini di ikuti 66 jamaah putra dan putri. Dan 7 pemberi materi yang berpengalaman diantaranya :

    1. H. Abd Rozak
    2. H. Abd Karim
    3. H. Hizol
    4. H. Misbach
    5. H. Rouf
    6. Drs H. Tholhah
    7. dr. Rizal Kepala Puspesmas Balongpanggang

    Kapolsek Balongpanggang AKP H. Moch Dawud SH selain memperkenalkan diri perlu adanya kerja sama antara anggota yang satu dengan yang lain.

    Ia juga berpesan kepada jamaah yang nantinya meninggalkan Indonesia selama 40 hari hendaknya perlu diperhatikan putra putrinya agar jangan sampai ada aktivitas yang melanggar hukum.

    “Awasi putra putri jamaah haji agar tidak terlibat tawuran dan narkoba”. Katanya.

    Sedangkan Camat Balongpanggang Suryo Wibowo selain memperkenalkan diri juga juga mengingatkan persatuan dan kesatuan diantara regu yang satu dengan yang lain. Tunjukkan budaya Indonesia adalah masih kental dengan budaya gotong royong, serta budaya antri.

    Selain itu juga perlu di ingat bahwa kita berada di Negara lain hendaknya dapat segera beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

    “Jaga kesehatan dengan baik sehingga di Mekkah dapat menjalankan kewajiban yang harus dilakukan, sehingga pulang mendapatkan julukan Haji yang mabrur”. Pintanya.

    Akhirnya dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim manasik Haji KUA kecamatan Balongpanggang saya buka. (Ono)

    Komentar

    Berita Terkait

    Back to top button
    Close