Peristiwa

Pawai Ogoh-ogoh Meriahkan Hari Raya Nyepi Umat Hindu Di Desa Laban

Tf : pawai ogoh ogoh desa Laban, Menganti, Gresik

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946, umat Hindu di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik menggelar pawai ogoh-ogoh, Minggu (10/03/2024) Malam.

Pawai ogoh-ogoh disambut dengan begitu meriah oleh seluruh masyarakat. Terlihat begitu antusias seluruh masyarakat yang menyaksikan pawai tersebut disepanjang jalan yang dimulai dari start hingga selesai.

Darma selaku panitia menyampaikan, pawai ogoh-ogoh dalam perayaan saka 1946 ini khususnya di Desa Laban semoga bisa menjadi sebagai sarana pemersatu antar umat beragama.

“Harapannya di Desa yang lainnya juga bisa sama saling menjaga persatuan dan kesatuan umat beragama karena di Laban ini ada berbagai umat beragama yang diantaranya ada Hindu, Kristen, Budha, dan juga Islam yang bisa bersama bersatu dalam mensukseskan serangkaian acara umat Hindu yang ada di Desa Laban,”harapnya.

Sementara Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Desa Laban, Naning mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh umat Hindu yang ada di desa Laban, ” Saya ucapkan terima kasih kepadaa seluruh umat Hindu yang ada di Laban. Selain itu, juga saya ucapkan banyak terimakasih kepada umat muslim yang ada di desa Laban yang juga sudah membantu dan mensuport serta kerjasamanya sehingga perayaan pawai ogoh-ogoh ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

“Tak lupa saya mewakili seluruh umat Hindu yang ada Desa Laban ini juga memohon maaf selama ada ogoh-ogoh ini sudah merepotkan karena itu bagian dari ritual yang harus kita jalankan”, ujar Naning.

Naning berharap, “semoga pada hari Raya Nyepi ini semuanya bisa menjadi semakin damai dan rukun serta saya juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim yang ada di sekitar kami yakni yang ada di Desa Laban dan semoga juga umat Hindu dan muslim yang ada di desa Laban ini tetap selalu rukun, “harapnya.

“Tak lupa juga saya ucapkan banyak terimakasih kepada jajaran pemerintahan Desa Laban dan juga kepolisian yang sudah sangat membantu kami dalam melaksanakan ritual pawai ogoh-ogoh ini sehingga perjalanan ritual pawai ogoh-ogoh ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” imbuhnya.

Tampak hadir pada perayaan saka tersebut, Sulton Sulaiman. SH,. MH. Caleg dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang telah terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Gresik periode 2024-2029.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close