Peristiwa

PAC PDI-P Wilayah Selatan Sepakat Tolak Maryoto Birowo Sebagai Kandidat Pendaftar Cabup Periode 2024-2029


TULUNGAGUNG, DORRONLINENEWS.COM – Dugaan adanya penolakan pada kandidat bakal calon bupati dalam penjaringan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tulungagung, kian santer. Dan, kandidat yang dimaksud itu adalah mantan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo alias petahana.

Dan, kabar tersebut, bergulir saat DPC PDIP Tulungagung menggelar sosialisasi peraturan partai dalam penjaringan calon kepala daerah.

Terkait informasi tersebut, Susilowati SE yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tulungagung menjelaskan 21/3/24, bahwa kegiatan internal partai, yakni dalam rangka Sosialisasi Peraturan Partai nomor 24/2024 tentang rekrutmen dan seleksi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah PDIP serta penyampaian hasil Pemilihan legislatif (Pileg), 2024.

Wanita yang juga sebagai Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung ini pun harus bijak dalam bersikap. Bahkan, menurutnya, hal tersebut hal yang wajar dalam dinamika politik, jelang Pilkada.

Apa yang disampaikan oleh salah satu PAC di wilayah selatan soal penolakan terhadap salah satu kader partai dalam penjaringan, merupakan dinamika politik,” kata Susilowati pada awak media.

Peraturan partai, tambah wanita berparas cantik ini, itu merupakan hal penting. Sehingga, paradigma dalam penjaringan calon kepala daerah hanya didominasi oleh pengurus saja, itu tidak benar.

Dalam sosialisasi, imbuh Susilowati, saat dibuka sesi tanya jawab pun berjalan sangat dinamis. Bahkan, Ia juga mengakui, yakni ada salah satu PAC kecamatan di wilayah selatan secara blak-blakan penolakan terhadap salah satu kader partai yang akan ikut dalam penjaringan.

Kendati tidak secara formal, namun kehadiran mantan Bupati Tulungagung Periode 2018-2023 ini sudah dipantik penolakannya saat rapat resmi internal
DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tulungagung.

“Sejauh ini PDI Perjumasih masih tahap sosialisasi, mendengar aspirasi dari pengurus tingkat bawah maupun PAC,” jelas Susilowati.

Karena, tambahnya, sosialisasi ini sangatlah penting. “Kegiatan ini sebenarnya kami mengajak partisipasi pengurus tingkat anak cabang untuk menyampaikan aspirasi,” ungkapnya .

Jika, sambungnya, bila memang ada kader tingkat bawah yang layak untuk dimajukan, itupun bisa l dikomunikasikan di tingkat DPC.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tulungagung, Sodik Purnomo dalam hal ini juga mengatakan, pihaknya bakal menampung segala aspirasi. Namun demikian, saat ini partainya belum melakukan proses penjaringan calon kepala daerah.

Saat ini kami sedang sosialisasi peraturan partai rekrutmen dalam penjaringan calon kepala daerah, dan itu sudah jelas,” katanya.

Sodik juga menjelaskan, bahwa
kapan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati, pihaknya bakal melakukan rapat tehnis lagi. “Diperkirakan setelah hari raya, proses penjaringan lewat DPC baru dilakukan,” jelas Sodik.(R_win)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close