Peristiwa

H. Hariyono Ketua Koperasi Giri Manis : RAT Adalah Rapat Tertinggi Dalam Koperasi

Tf : Suasana RAT Koperasi Giri Manis Balongapanggang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Bertempat di Rumah makan Pandansari Jalan Raya Kedungpring Balongpanggang pengurus Koperasi Tebu Rakyat Indonesia (KPTRI) koperasi “Giri Manis’ Gelar Rapat Tahunan tahun buku 2023.

Ketua Koperasi Giri Manis H.Hariyono menyampaikan Alhamdulillah hari ini kita bisa menyelenggarakan RAT diluar kantor meskipun tidak jauh dari kantor, namun tempatnya lumayan istimewa, semoga tahun depan bisa lebih baik laik lagi.
Haryono juga mengulas sedikit tentang sejarah keberadaan koperasi KPTRI Giri Manis hingga saat ini mulai dari perizinan, segmentasi yang menjadi aktifitas koperasi yakni bergerak pada sektor tanaman tebu sudah tidak bermasalah.

Ia juga mengatakan bahwa koperasi kita ini tergolong koperasi yang aktif dan sehat, dan ini kita buktikan dengan berjalanya semua program mulai yang berhubungan dengan petani tebu, pabrik gula termasuk RAT yang kita adakan hari ini.

Haryono berharap semoga kedepan tanaman tebu semakin baik dan berkualitas sehingga hargapun bisa menjadi lebih baik sesuai harapan bersama, harapnya sembari mengajak semua pengurus dan anggota tertib dalam administrasi terutama masalah keuangan.

Sementara Moh Syaifudin selaku tenaga pendamping koperasi di Diskoperindag Kabupaten Gresik mengapresiasi KPTR Giri Manis karena koperasi ini termasuk koperasi yang sehat yang dibuktikan dengan perizinan koperasi yang lengkap dan aktifitas yang berkelanjutan serta RAT yang rutin (setiap tahun).

Ia juga berharap koperasi yang memiliki usaha sektor riel ini, bila perlu meningkatkan pada unit usaha sektor lainnya seperti bergerak bidang keuangan (simpan pinjam) atau lainnya, perlu menertibkan anggota dan legal administrasinya agar jangan sampai ada cela yang mengakibat adanya temuan yang melanggar hukum, himbaunya.

Disamping itu juga perlu memperhatikan hal hal lain khususnya aspek permodalan (perlu kesinambungan baik yang berupa simpanan wajib, sukarela atau lainnya), pungkasnya sembari menyampaikan bahwa pada prinsipnya koperasi Giri Manis ini secara umum cukup baik.

Sedangkan perwakilan PG Gempol Kerep menjanjikan kebutuhan Saprodi petani tebu kami sanggup untuk memenuhi, dengan mudah dan cepat. Seperti kebutuhan pupuk dan tebang,angkut kami sudah persiapkan.

Ia juga menambahkan kami mohon dukungan dari petani tebu insya Allah PG Gempol Kerep akan buka Giling tanggal 29 mei untuk itu mohon adanya dukungan dari petani tebu Gresik untuk mensuport tebunya ke PG Gempol Kerep .

“Jangan sampai tebunya di jual ke yang lain”. Kelakarnya.

Selain itu saya mewakili PG Gempol Kerep mohon maaf bila belum bisa memberikan randemen belum bisa tinggi masih berkisar 8,01 tahun lalu sudah merupakan no 1 di Jawa Timur. Dan Indonesia mendapatkan no 3 PG Gempol Kerep.

Kalau tebu dirawat dengan benar mulai bibitnya unggul, pemupupukan, dan beserta dengan benar maka saya percaya bahwa tahun 2024 tidak akan merugi.

Selamat melaksanakan 2023 dan semoga sukses petani tebu diharapkan tidak merugi, dengan petani tebu dapat mensejahterakan para petani tebu.

“Bila petani tebu dapat untung banyak maka PG Gempol Kerep juga akan beruntung besar pula”. pungkasnya.

Di penghujung acara camat Balongpanggang Suryo Wibowo dengan gaya yang khas yang mampu membikin suasana semakin rileks dan santai, Ia menyampaikan apresiasi kepada KPTR Giri Manis yang mampu menunjukan dedikasinya sebagai koperasi yang hidup dan sehat, sebab banyak koperasi yang hanya ada nama tanpa aktifitas yang konsisten.

Ia berharap koperasi ini bisa terus bertumbuh dan berkembang yang mampu mensejahterakan anggota juga pengurusnya. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close