Pemerintahan

Pemdes Sumberdadi Manfaatkan Dana Desa, Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur & Mobilitas Masyarakat

Tf : Kades Sumberdadi Sugiono bersama pembangunan

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM –
Dana Desa ialah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui APBD kabupaten dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat

Seperti halnya Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberdadi, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan benar-benar memanfaatkan Dana Desa (DD) Tahap I tahun anggaran 2024 untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Pembangunan jalan berupa rabat beton yang berlokasi di Dusun Sumbergurit, Dana proyek ini bersumber dari APBN yang diterima Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberdadi dengan anggaran sebesar Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) dengan volume (ukuran) 126 x 3 x 0.15 M, 50 x 2.5 x 0.15 M.

Sementara itu, Kades Sugiono Saat ditemui awak media Dorronlinenews.com di kantor kerjanya menjelaskan bahwa, “Pembangunan jalan ini sangat di butuhkan masyarakat karena akses jalan tersebut untuk memajukan perekonomian bagi masyarakat, dan masyarakat pun cepat tanggap untuk pembangunan ini. Dengan terealisasinya pembangunan jalan rabat beton, masyarakat menjadi lebih mudah dan lancar dalam menjalankan aktivitas baik berkendara atau berjalan kaki melalui jalan rabat beton tersebut, “jelasnya. Senin, (26/02/2024).

Lanjut Abah Nono panggilan Kades Sumberdadi yang kerap akrab disapa menjelaskan Manfaat dari dibangunnya jalan desa untuk masyarakat pedesaan, antara lain:

“Memperlancar hubungan dan komunikasi dengan tempat lain, Mempermudah pengiriman sarana produksi ke desa, Mempermudah pengiriman hasil produksi ke pasar, Meningkatkan jasa pelayanan sosial, termasuk kesehatan, pendidikan dan penyuluhan,” tambahnya.

Pembangunan infrastruktur jalan rabat beton ini merupakan sejarah bagi warga Dusun Sumbergurit. Anang Makruf selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Sumberdadi sangatlah mengapresiasi Kades Sugiono karena langkah ini sebagai bentuk komitmen pemerintah desa, guna meningkatkan perekonomian warga masyarakat.

“Dalam hal ini saya sangat mengapresiasi atas langkah Kades Sugiono, sebagai bentuk komitmen pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas hidup dan mobilitas masyarakat Desa Sumberdadi, Dengan adanya pembangunan jalan rabat beton, saya berharap akan ada perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari untuk penduduk Dusun Sumbergurit,” ungkap Sekdes Anang Makruf terhadap awak media Dorronlinenews.com.

Lanjut Anang, “Pembangunan jalan rabat beton di Dusun Sumbergurit adalah langkah progresif yang akan membuka berbagai peluang dan meningkatkan standar hidup warga. Dengan dukungan pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat, proyek ini bukan hanya menjadi jalan fisik, tetapi juga jalan menuju masa depan yang lebih baik bagi Dusun Sumbergurit, Desa Sumberdadi,” tutupnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close