Peristiwa

Tanam Pohon Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik, Lanal Tegal Bersama Pelindo Gelar Penanaman 3. 200 Bibit Magrove

Tf ; Lanal Tegal Bersama Pelindo Gelar Penanaman 3. 200 Bibit Magrove

TEGAL, DORRONLINENEWS.COM – Sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup khususnya ekosistem mangrove, Lanal Tegal bersama dengan Pelindo Tegal melakukan penanaman mangrove di Blok Cikalong Desa Kedung Kelor Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Kegiatan penanaman mangrove masih dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2024. Selasa (30/01/2024)

Penanaman mangrove yang digagas Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono, S. T., M. T., M. Tr. Hanla., CTMP., bersama dengan GM Pelindo Tegal Tri Sugianto menyiapkan sebanyak 3.200 bibit mangrove yang akan ditanam di lahan tambak seluas 4 Hektar di Pesisir Laut Jawa Kabupaten Tegal melibatkan personil gabungan dari Pangkalan TNI AL Tegal, Pelindo Tegal, Satradar 214 Tegal, Kodim 0712/Tegal, Satpolairud Polres Tegal, KSOP Kelas IV Tegal, DKPPP Kota Tegal, Karang Taruna Desa Kedung Kelor, Kelompok Tani Mangrove Desa Kedung Kelor serta Pramuka Saka Bahari.

Dalam sambutannya Danlanal Tegal menyampaikan bahwa, “kegiatan penanaman pohon mangrove memiliki makna sangat penting karena kegiatan penanaman pohon mangrove di pesisir pantai secara berkelanjutan dapat memulihkan sumber daya kelautan sekaligus membangun budaya menanam pohon untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. Oleh karena itu diperlukan suatu gerakan budaya menanam pohon untuk mewujudkan lingkungan yang hijau serta membudayakan pemeliharaan pohon yang kita tanam pada seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah abrasi pantai, meningkatkan absorbs polusi udara serta mengurangi dampak pemanasan global,” ungkapnya.

Menghadiri acara penananam mangrove tersebut di antaranya adalah Asisten ll Pemkab Tegal Dr. Joko Kurnianto, SKM, M.Kes, Dansatrad 214 Tegal, GM Pelindo Tegal Tri Sugiyanto, Pabungkol Kodim 0712/Tegal mewakili Dandim, Kabaglog Polres Tegal, Kades Kedung kelor serta Pokdarwis kedung kelor serta unsur maritime di wilayah Kabupaten Tegal. (Penlantamal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close