Peristiwa

Gerak Cepat Prajurit Lanal Tegal Bantu Evakuasi Korban Kapal Tenggelam

Tf : Lanal Tegal Bantu Evakuasi Korban Kapal Tenggelam

TEGAL, DORRONLINENEWS.COM – Gerak cepat dilakukan Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal dengan menurunkan RHIB untuk membantu evakuasi korban kapal tenggelam akibat cuaca buruk di Perairan Utara Tegal. Kapal tanpa nama tersebut berangkat pukul 10.00 WIB dari Pelabuhan Sungai Pemali Brebes yang diawaki 2 orang ABK hendak menebar jaring ikan. (22/01/2024)

Kejadian bermula ketika kapal sedang menebar jaring ikan pada posisi 06 49’ 786” LS – 109 08’ 473” BT pada pukul 13.30 WIB tiba tiba cuaca hujan disertai angin puting beliung dan menghantam kapal sehingga kapal terbalik dan tenggelam. Korban berusaha bertahan terapung di laut dengan jerigen sekitar kurang lebih 1 jam yang kemudian melintas kapal nelayan milik saudara Dakrun dan memberikan informasi ke pengurus kapal Bapak Tarmudi.

Berdasarkan informasi dari pengurus kapal yang melaporkan kejadian tersebut kepada anggota Jaga KAL Maribaya, Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono, S.T., M.T., M.Tr.Hanla., CTMP. menugaskan Prajurit Lanal Tegal bergerak cepat menurunkan RHIB untuk melaksanakan SAR dan evakuasi korban kapal tenggelam. Sesampainya di lokasi kejadian korban di evakuasi dan dibawa ke Dermaga Pelindo Tegal serta mendapatkan bantuan medis dari Balai Pengobatan Jala Medika Lanal Tegal yang sudah standby di Dermaga pada saat mendengar berita tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun kerugian materiil tercatat 1 unit kapal beserta peralatan tenggelam. Setelah mendapatkan penanganan medis dan kondisi korban sudah stabil, selanjutnya korban diantar Prajurit Lanal Tegal kepada pihak keluarga. (Penlantamal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close