Peristiwa

Wing Udara 2 Puspenerbal Gelar Pertukaran Ahli dengan US Navy

Teks foto : Wing Udara 2 Puspenerbal Gelar Pertukaran Ahli dengan US Navy

SIDOARJO, DORRONLINENEWS.COM – Kehadiran Pesawat P-8A Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat di Pangkalan Udara Juanda dengan membawa beberapa perwira penerbang dan spesialis misi khusus pada Senin (11/12) lalu, menjadi kesempatan baik untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait operasi maritim pada Rabu (13/12/2023).

Berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait operasi maritim tersebut digelar di Wisma Perwira Brahmastra, Lanudal Juanda Puspenerbal yang dihadiri oleh Wakil Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal, Letkol Laut (P) Zuchri, serta Komandan Skuadron Udara 800, Mayor Laut (P) Iwan Purwanto.

Menurut Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Ma’arif bahwa, pertukaran ahli dalam bidang operasi maritim ini tentu menjadi hal penting, mengingat negara Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri atas pulau-pulau dari Sabang-Merauke.

Angkatan Laut Amerika Serikat sendiri lanjutnya, dipimpin oleh CDR Chester Lee sebagai wakil kepala kantor pertahanan US Embassy di Jakarta hadir dalam kegiatan Pertukaran Ahli tersebut.

Pada kegiatan ini, Angkatan Laut Amerika Serikat berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan terkait operasi laut Anti Ship Warfare (ASW) dan Anti Submarine Warfare (ASuW) yang dapat dilaksanakan oleh pesawat P-8A Poseidon yang digunakan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Selain bertukar informasi terangnya, ilmu dan pengetahuan, kedepan akan ada latihan lapangan yang mana beberapa perwira penerbang di Wing Udara 2 Puspenerbal akan mengikuti operasi yang akan di gelar di sekitar ALKI II.

“Hal ini akan menjadi pengalaman yang berharga untuk menerapkan dalam tugas operasi di masa mendatang,” pungkasnya. (Puspenerbal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close