Peristiwa

Babinsa Kebomas Berharap Paguyuban Kusir Delman Binaan Tetap Semangat dan Kompak Dalam Mencari Rezeki

Teks foto : Babinsa Kebomas Pelda Kaskan sedang monitoting Kusir Delman di Pangkalan

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Tingkatkan silaturahmi bersama masyarakat binaan, dalam kegiatan monitoring wilayah Pelda Kaskan Babinsa Desa Sekar Kurung Koramil 0817/07 Kebomas melaksanakan komunikasi sosial dengan Paguyuban Kusir Delman yang bertempat di Terminal Religi Sunan Giri, Desa Sekar Kurung Kec. Kebomas, Kab Gresik. Minggu(10/12/2023).

Pekerjaan sebagai kusir delman tidaklah sembarangan, butuh pengalaman terbilang khusus untuk menjalankan profesi sebagai kusir. Seperti yang dikatakan Bapak Sigit ketua Paguyuban Kusir Delman yang berada di Terminal Sunan Giri, dirinya menjelaskan bahwa tidak semua orang bisa menjadi kusir, karena setiap kusir memiliki kuda sendiri dan sebelum menjadi kusir mereka harus berlatih mengendalikan laju sang kuda.

“Tidak bisa sembarangan orang menjalankan delman, harus memahami karakter kudanya terlebih dahulu. Ibaratnya menyatukan tujuan dari dua nyawa harus mengerti maunya atau arahnya kemana,”jelas Sigit.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, ada kesulitan tersendiri ketika mengendarai delman. Kadang jika jalanan ramai, ada kuda yang takut melaju diantara kendaraan sehingga sang kusir harus memiliki keterampilan khusus untuk mengendalikan kuda dan delman.

Selama ini yang mangkal di terminal adalah satu paguyuban. Jadi banyak delman yang mangkal bersama tidak pernah menjadi masalah. Agar seluruh anggota mendapat penghasilan, diatur pakai antrian.

“Kusir yang mengangkut penumpang harus nunggu antrian dulu, sehingga bisa tertib dan tidak ada rebutan penumpang.”katanya.

Menyapa warga masyarakat yang termasuk dalam paguyuban kusir delman, Babinsa Pelda Kaskan mengatakan agar bisa selalu menjaga kekompakan dalam mencari rezeki. Sebagai kusir delman penghasilan yang didapat tidak menentu, tergantung banyaknya delman berjalan mengangkut penumpang atau pengguna jasanya. Selain itu tetap selalu menjaga keamanan kertiban dan kenyamanan pengujung wisata riligi di terminal Desa Sekar Kurung.

“Diharapkan tidak ada yang menaikan harga sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, sehingga para pengunjung yang menggunakan jasa merasa nyaman dan tidak kecewa. Untuk meningkatkan pendapatan, disarankan agar mempunyai rute pendek dengan tarif yang lebih murah, sehingga penumpang mempunyai pilihan apabila ingin naik delman.”ucap Babinsa.

“Tetap semangat dalam menjalankan pekerjaan, kami berharap pekerjaan ini tetap bisa eksis hingga nanti, sebab pekerjaan sebagai kusir delman termasuk juga melestarikan budaya lokal.”pungkasnya.(Pen0817).

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close