Peristiwa

Meriahkan Sedekah Bumi, Desa Setro Gelar Kirab Tumpeng Hasil Bumi dan Ogoh-Ogoh

Teks foto : Desa Setro Meriahkan Sedekah Bumi

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Sebagai ungkapan rasa syukur atas segala rahmat dan rizki yang telah diberikan oleh Allah SWT Desa Setro Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik menggelar sedekah bumi dengan berbagi acara yang dilaksanakan di pendopo balai Desa Setro. Minggu 15/10/2023.

Sedekah Bumi Desa Setro dimulai dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntup pada hari Sabtu,(14/10/2023) bersama Ki Dalang Kiwandono dari Kota Mojokerto kemudian dilanjutkan dengan Kirab tumpeng hasil bumi dan Ogoh-ogoh pada hari Minggu (15/10/2023). Pagi yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik Mujid Riduan SH, Anggota komisi 1 DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi Partai Golkar Wongso Negoro dan dari partai Demokrat Hj. Ifta Hidayati.

Kirab tumpeng hasil bumi dan juga Ogoh-Ogoh diarak oleh warga keliling desa dengan Finish di pendopo balai desa yang di pimpin oleh Kepala Desa (Kades) Setro Ahmad Saiful bersama seluruh jajaran perangkat yang kemudian di ikuti oleh seluruh warga Setro yang berjumlah 8 RT di belakangnya dengan berjalan secara berurutan.

Sampai Finish Kepala Desa Setro Ahmad Saiful SH memakaikan blangkon dan selendang kepada ketua panitia sedekah bumi sebagai tanda dimulainya sedekah Bumi desa Setro tahun 2023, kemudian di lanjutkan dengan berbagai kreativitas yang ditampilkan oleh masing masing RT yang telah sampai di pendopo.

Dalam sambutannya Kades Setro Ahmad Saiful menyampaikan bahwasanya sedekah bumi ini merupakan wujud syukur kita semua atas segala limpahan Rizki dan hasil panen yang sudah diberikan oleh Allah SWT, ujarnya.

“Dengan kita terus melestarikan tradisi sedekah bumi ini kita semua bisa terus menjalin rasa kerukunan dan kegotongroyongan antar warga dan tidak hanya itu, dengan kita terus lestarikan tradisi sedekah bumi ini juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT yang telah memberikan segala limpahan rahmatnya kepada kita semua,” ungkap Kades Setro Ahmad Saiful.

Saiful juga berharap semoga dengan acara sedekah bumi ini seluruh warga Desa Setro selalu di berikan kesehatan, Rizki dan hasil bumi yang melimpah serta selalu dalam perlindungan Allah SWT dari segalah bencana (Bala’) Amiin. (wan)

Usai Kirab Tumpeng acara pun dilanjutkan dengan gulat tradisional (OKOL) yang ditempat di lapangan bola Voly desa Setro dan malamnya di meriahkan dengan pagelaran Ludruk Putra baru dari Surabaya.

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close