Peristiwa

Wujud Rasa Syukur, Tasyakuran Sedekah Bumi Desa Tirem

Teks foto : Suasana sedekah bumi desa Tirem

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Masih tetap melestarikan dengan baik kebudayaan peninggalan nenek moyang, warga Desa Tirem mengadakan Tasyakuran Sedekah Bumi yang diselenggarakan di Pendopo Balai Desa Tirem, Kec. Duduksampeyan, Kab. Gresik. Sabtu(9/9/2023).

Budaya sedekah bumi merupakan wujud shodaqoh atau wujud syukur terhadap bumi yang kita tempati agar tetap dilindungi dan diberkahi oleh Sang Pencipta Allah SWT. Dalam pelaksanaannya sedekah bumi ini warga membawa hasil bumi untuk di sedekahkan terhadap masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Mendukung penuh kegiatan tersebut, Serda Suwarto Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan yang menghadiri kegiatan tasyakuran sedekah bumi mengikuti prosesi acara hingga selesai.

Babinsa mengatakan bahwa sedekah bumi merupakan budaya atau peninggalan sejarah yang harus dilestarikan agar tidak punah termakan oleh zaman. Dengan mengadakan Tasyakuran Sedekah bumi di setiap tahunnya, bertujuan untuk mengenalkan kepada generasi penerus berikutnya.

“Kegiatan ini juga ajang siliturahmi antara warga masyarakat dan pemerintah, sehingga dapat menunjukkan kekompakan, kerukunan dan kebersamaan dengan hadirnya disini,”ucapnya.

Menurut Kepala Desa Tirem Sutopo untuk memeriahkan acara dan menghibur warga nantinya akan disuguhkan hiburan seni tradisional.

“Selesai acara tasyakuran, nantinya akan ada pagelaran wayang kulit dan campursari kembange jagat untuk menghibur warga masyarakat.”ucapnya.(Pen0817).

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close