Sosial

Kerja Bakti Serentak Bersihkan Saluran Air Menghadapi Musim Hujan

Teks foto : warga dusun glintung serentak kerja bakti.

GRESiK, DORRONLINE NEWS.COM – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan,sebagai kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat dusun glintung desa Kepatihan kecamatan Menganti kabupaten Gresik adalah kerja bakti.

Kerja bakti dilakukan warga secara bersama-sama menggali saluran irigasi supaya waktu musim hujan air bisa mengalir dengan cepat dan lancar.

Kerja bakti serentak secara gotong royong ini di lakukan oleh warga dusun glintung desa Kepatihan Minggu 10 September 2023 mulai pukul 06.00 wib sampai selesei .dengan penuh semangat kekompakan dan gotong royong kerja bakti ini dilaksanakan dengan tema satukan jiwa isi kemerdekaan dengan kerja bakti serentak semua orang terlibat hasilnya akan bermanfaat.

Mendekati musim penghujan warga dusun glintung RW 04 dan RW 05 kerja bakti membersihkan saluran irigasi yang dangkal akibat penyumbatan tanah dan ditumbuhi rumput.dengan didampingi ketua BPD desa Kepatihan, kepala dusun Glintung ,ketua RW 04 , RW 05 serta ketua RT 01 sampai RT 08 dusun Glintung warga mulai melakukan kerja bakti mulai pukul 06.00 wib.

Dilaksanakan pada Minggu 10 September 2023 bertempat disaluran irigasi yang ada di utaranya Rel kereta api saluran ini menjadi tempat pembuangan dari semua saluran air yang ada di dusun glintung sehingga sangat perlu sekali adanya normalisasi dan pembersihan guna mempercepat pembuangan air hujan .

Menurut kepala dusun glintung Hasan pada kegiatan kerja bakti pengurus kampung dan warga sepakat untuk fokus membersihkan saluran irigasi yang mengalami pendangkalan dengan pertimbangan sebentar lagi akan memasuki musim penghujan .

Dengan membersihkan saluran irigasi setidaknya kita bersama – sama bisa menanggulangi banjir yang diakibatkan kurang lancarnya air mengalir akibat dangkalnya saluran air serta banyak ditumbuhi rumput.

Selain itu kerja bakti ini bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat dusun glintung mulai dari RT 01 sampai RT 08 sehingga tercipta suasana yang guyup dan rukun.

Sementara itu karjono ketua RW 04 dusun glintung di sela – sela acara kerja bakti mengatakan kami sadar pembangunan fasilitas dari pemerintah tidak bisa serentak tiap tahun di alokasikan di dusun glintung dan untuk mengkafer pembangunan yang belum terkafer oleh pemerintah kami bersama warga bergerak bersama-sama melakukan kerja bakti secara gotong royong supaya bisa mengurangi dampak dari pembangunan yang belum bisa terealisasi tersebut.

Selain itu tujuan dari kerja bakti ini adalah untuk membina hubungan sosial antar anggota masyarakat semakin baik silaturahmi terjadi maka kekompakan antar warga juga akan semakin meningkat.semoga kerja bakti ini bisa berjalan rutin.

Harapan kami pemerintah memberikan perhatian kepada dusun glintung sehingga pembangunan yang belum terkafer akan segera terealisasi sehingga masyarakat bisa merasakan hasil dari pembangunan tersebut.(Anam).

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close