Peristiwa

Babinsa Koramil Bungah Berikan Solusi Bahan Pakan Alternatif pada Peternak Kambing Binaan

Teks foto : Babinsa Koramil Bungah Berikan Solusi Bahan Pakan Alternatif pada Peternak Kambing Binaan

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sertu Didik Babinsa koramil 0817/15 Bungah melakukan komsos dengan mengunjungi kandang kambing milik Pak Jumali yang bertempat di Desa Kemangi Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Selasa (19/09/2023).

Dalam kesempatan komsosnya bersama Pak Babinsa, Pak Jumali bercerita bahwa di musim kemarau ini untuk mencari pakan kambing sangatlah sulit karena rumput banyak yang sudah kering, sehingga kambingnya banyak yang kurus. Terkadang untuk mensiasatinya, kambing-kambing ternak dilepas di persawahan untuk mencari makan sendiri.

Babinsa Sertu Didik menyampaikan, agar Pak Jumali tidak berkecil hati dan harus selalu sabar, tetap semangat dalam mencari pakan kambing ternak dan jaga kesehatan diri.

Tak kalah pentingnya, juga harus selalu berupaya menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang supaya kambing ternaknya tidak terserang penyakit serta dapat berkembangbiak dengan lancar.

“Mungkin dengan penggunaan dedak kangkung ataupun pakan alternatif lainnya dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan pakan kambing ternak setiap harinya,” tutur Babinsa Sertu Didik.

Mengingat usia Pak Jumali yang sudah cukup renta juga, dalam mencari pakan kambing ternak juga sudah mulai berkurang tenaganya. Sehingga perlu ditambah substansi pakan kambing ternak lainnya. Menyesuaikan kondisi musim panen para petani di wilayah sekitarnya.

“Apabila musim ketela, daun ketelapun dapat dijadikan sumber pakan kambing ternak. Begitupun campuran antara dedak padi dengan tepung jagung yang difermentasi dapat dijadikan bahan pakan tambahan ketika musimnya,” terangnya.

Dengan berkunjung langsung ke kandang kambing ternak di wilayahnya, Sertu Didik meyakini akan dapat menambah semangat peternak kambing binaan dalam mengembangkan usaha ternaknya. (Pen0817).

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close