Peristiwa

Keseruan Malam Tirakatan Jelang HUT Ke- 78 Tahun 2023 Perum Bhummi Cermai Apsari

Teks foto : Perum Bhummi Cermai Apsari Malam Tirakatan Jelang HUT Ke- 78 Tahun 2023

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Pada hari ini Rabu (16/08/2023), berbagai wilayah di Indonesia akan menggelar acara malam tirakatan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023.

Malam tirakatan merupakan salah satu tradisi masyarakat Jawa untuk menyambut HUT kemerdekaan RI.

Menyemarakkan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya diperingati secara besar-besaran dan gemerlapan di kantor-kantor besar, lembaga-lembaga pemerintahan, atau di pusat-pusat keramaian publik lainnya.

Kegiatan memeriahkan peringatan HUT RI juga ternyata tidak selalu diisi dengan acara-acara dan kegiatan-kegiatan yang bersifat meriah, riuh rendah, dan hingar bingar.

Salah satu contohnya adalah kegiatan warga RT/RW 001/001 Bhumi Cermai Absari – Gresik. Pada Rabu malam tanggal 16 Agustus 2023, tersebut mengadakan acara tirakatan yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Kegiatan tersebut bertempat di Lapangan Sergu RT 001 perumahan Bhumi Cermai Absari – Gresik

Antusias ratusan orang yang menghadiri acara mulai anak anak sampai lansia juga turut serta dalam tirakatan tersebut, akan tetapi juga nampak hadir para ibu ibu PKK.

Walaupun dilakukan diperumahan namun acara peringatan kemerdekaan tersebut cukup khidmat tapi tidak membosankan. Hal ini ditunjukkan dengan semangat dari warga perumahan Bhumi Cermai Absari dalam mengikuti rangkaian-rangkaian acara dari mulai pembukaan hingga penutupan acara.

Diantara rangkaian acara yang diselenggarakan malam itu, yang cukup menarik perhatian adalah mulai dari tarian tradisional dan modern dance, spesial performance akustik kemerdekaan ‘THE RAKSA BAND’ Banyolan Jawa Timuran, ‘KAJI IS CS’ yang berasal dari warga setempat yang mencerminkan keguyub rukunan warga perumahan Bhumi Cermai Absari RT/RW, 001/001 ini. Selain itu, panitia juga menyediakan prasmanan menu jawa timuran

Kemudian mereka bersama-sama warga lainnya menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan Mengheningkan Cipta dan dilanjut lagu Hari Merdeka secara bersama sama.

Sementara itu, Ketua pelaksana dalam sambutannya mengatakan beribu terimakasih terhadap seluruh warga masyarakat Perum Bhummi Cermai Apsari atas suport dan sumbangsihnya, “Tanpa ada kekompakan dan suport dari kalian semua acara ini tidak akan terlaksana dengan lancar dan sukses,” ungkapnya sembari serukan dengan lantang Merdeka..Merdeka…Merdeka.

Secara resmi rangkaian acara tirakatan ini diakhiri sekitar pukul 22:30 WIB, namun nampak beberapa warga masih bertahan di tempat untuk melanjutkan tirakatan kemerdekaan hingga dini hari dengan diiringi spesial performance akustik kemerdekaan THE RAKSA BAND.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close