Peristiwa

Kades Gedangan Pimpin Karnaval Yang Diikuti Ratusan Warga

Teks foto : Kades Gedangan Pimpin Karnaval Yang Diikuti Ratusan Warga

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, ratusan masyarakat Desa Gedangan Kecamatan Sidayu sejak siang hingga petang, Sabtu (19/8) mendapat suguhan atraksi hiburan, baik musik.maupun kesenian tradisional serta karnaval budaya.

Bahkan tidak ketinggalan, Kepala Desa Gedangan Muhammad Sholih S,Sos, M.Si beserta Bu Lurah, ikut dalam karnaval khusus memakai baju adat Jawa dengan menaiki brendi atau kereta kencana, untuk memimpin karnaval tersebut.

Kades Sholih mengatakan meski kegiatan yang tujuannya memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, namun sesuai tradisi desa acara karnaval hanya diadakan dua tahun sekali.

“Tujuan karnaval dan seni budaya ini, agar terjalin kekompakan ,kebersamaan dan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat Desa Gedangan,” ujar Kades Sholih.

Tahun ini, tambah kades, Karnaval Akbar Desa Gedangan dalam rangka memperingati HUT RI ke 78, melibatkan seluruh unsur mulai perangkat desa, perangkat RW hingga RT hingga masyarakat.

Tercatat peserta karnaval berasal.dari 14 RT serta unsur lembaga pendidikan. Peserta karnaval tampil dengan beragam kostumdan tema yang menarik dan lucu.

Ada yang berbaris menggbarlan siswa TK,.meski pesertanya sudah sepuh sepuh. Ada tim yang pesertanya, mengenalan busana khas daerah dari seluruh Nusantara.

Karnaval yang diberangkatkan kades tepat pukul.13.00 WIB, mengambil rute depan Balai Desa Gedangan, menyusuri jalan desa dan berakhir di Lapangan Tanah Abang Desa Gedangan.

“Setelah sampai di tanah lapang desa, seluruh peserta wajib menampilkan atraksinya. Termasuk ada penampilan Reog,” kata Kades Sholih. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close