Peristiwa

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemdes Racitengah Serahkan Perahu dan Mesin

Teks foto : Pemdes Racitengah Serahkan Perahu dan Mesin

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Pemerintahan Desa (Pemdes) Racitengah kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik telah menyerahkan 1 (satu) unit perahu dan mesin kepada kelompok nelayan 57 JOYO (maju joyo) Desa Racitengah, Rabu (05/07/2023).

Perahu beserta mesin dibuat dan bersumber pada anggaran Dana Desa Prioritas untuk memberdayakan dan meningkatkan ekonomi warga dalam hal ketahanan pangan tahun 2023 sebesar Rp. 58 juta.

Bertempat dibalai desa Racitengah, secara simbolis satu unit perahu dan mesin diserahkan oleh Kades Racitengah Abdul Rozak kepada Abdul Hanan selaku ketua kelompok nelayan 57 JOYO dan dilanjutkan penandatangan serah terima.

“Alhamdulillah, Pemdes Racitengah telah menyerahkan satu unit perahu dan mesin kepada kelompok nelayan 57 JOYO. Kami berharap, perahu tersebut dapat dipergunakan semestinya dan dapat memberikan manfaat bagi para nelayan sehingga dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan secara ekonomis,” jelas Kades Racitengah Abdul Rozak.

Masih menurutnya, berdasarkan SK No. 440/15/437.112.07/2023 telah dibentuk kelompok usaha bersama nelayan 57 JOYO Desa Racitengah. Kelompok usaha tersebut didirikan dengan tujuan untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat nelayan dalam hal ketahanan pangan.

“Setelah diserahkan, perahu tersebut lansung diuji coba bersama para perangkat desa, BPD, LMD, RW/RT yang mewakili,” ujarnya.

Ditambahkan Abdul Rozak, Pemdes Racitengah berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan program pembangunan desa dengan tujuan untuk kesehahteraan masyarakat. Setelah didirikan central UMKM dan Bumdes unit penggemukan kambing. Kini kelompok usaha nelayan 57 JOYO milik pemdes Racitengah sudah memiliki perahu dan mesin sendiri.

“Semoga program peningkatan kesejakhteraan masyarakat semakin maju dan berkembang. Perahu itu dapat dipergunakan oleh kelompok nelayan untuk mencari ikan dilaut dan hasilnya dapat dirasakan secara lansung oleh masyarakat desa Racitengah,” pungkasnya. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close