Peristiwa

Penyelam Lanal Cilacap Bersama Kopaska Temukan Tiga Jenis Amunisi

Teks foto : Penyelam Lanal Cilacap Bersama Kopaska Temukan Tiga Jenis Amunisi

CILACAP, DORRONLINENEWS.COM – Dihari kedua penyelaman Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap bersama Pusat Komado Pasukan Katak (Puskopaska) TNI AL berhasil menemukan salah satu ruangan penyimapanan amunisi dari yang diduga Kapal Perang Dunia (PD) II di Alur Perairan Cilacap, (21/07/2023).

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kolonel Laut (P) Bambang Subeno mengatakan hasil temuan dihari kedua penyelaman pada perinsipnya sudah memperkuat temuan awal terkait dengan temuan amunisi kaliber 12,7 mm dan kaliber lainnya.

Sementara itu Dantim Underwater Documentary Team (UDT) Letkol Laut (P) Yudo Ponco menyampaikan bahwa dengan mempelajari serpihan yang ada mengerucut kepada dua ruang dengan tinggi diperkiraan dua meter, diluar ruangan ditemukan amunisi yang sudah tidak utuh sedangkan untuk yang didalam ruangan amunisinya masih utuh antara proyektil dan selongsong bahkan bisa dibaca headstamp yang tertulis diamunisi.

Lebih lanjut Selian amunisi 12,7 kami juga menemukan amunisi pistol serta senapan dan tidak menutup kemungkinan jika kita masuk lebih dalam akan menemukan amunisi berkaliber lebih besar lagi dan kami menyimpulkan ruang tersebut adalah gudang penyimpanan senjata dan amunisi.

Dikesempatan yang sama dari Tim Historical Diver Adi diperoleh keterangan bahwa Amunisi dengan kode FA 33 menandakan bahwa amunisi tersebut dibuat pada tahun 1933 dan Amunisi kaliber 12,7 mm digunakan untuk anti udara. (Penlantamal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close