Peristiwa

Optimalkan TKD, Pemdes Karangandong Maksimalkan Potensi Pertanian

Teks foto : Pemdes Karangandong Maksimalkan Potensi Pertanian

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Pemdes Karangandong, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, mengambil langkah strategis dalam mengoptimalkan Tanah Kas Desa (TKD).

TKD seluas sekitar 4 hektare di desa tersebut disulap menjadi sentra tanaman hias yang dikelola petani setempat. Mulai budidaya hingga penjualan.

Tidak hanya itu, petani di wilayah itu juga berinovasi dengan merambah budidaya melon premium. Meski belum pernah panen, namun tanamanya cukup bagus.

Kepala Desa Karangandong, Eka Yulianingsih mengatakan, pemanfaatan TKD untuk pertanian ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

“Potensi tanaman hias dan hasil pertanian lain menjadi fokus utama, TKD dikelola para petani disini mulai budidaya hingga menjual tanaman hias,” katanya, Jumat (21/7/2023).

Eka mengaku, akan terus berkomitmen mendukung petani agar terus berdaya. Salah satunya dengan melakukan transformasi pertanian.

“Selain tanaman hias, petani muda disini mulei mengembangkan melon premium dan berhasil,” ungkapnya.

Sementara itu, Glen salah satu petani muda yang menggeluti usaha tanaman hias dan budidaya melon premium ini mengucap terima kasih ke pemerintah desa.

“Dukungan ini memberikan semangat dan motivasi bagi petani muda untuk terus berinovasi dalam mengembangkan usaha pertanian,” ujar pria yang juga Wakil Ketua KTNA Gresik ini.

Menurut Glen, Pemdes Karangandong juga aktif dalam melakukan perbaikan infrastruktur penunjang. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam sektor pertanian.

“Kami harap peran aktif dalam mengembangkan potensi pertanian ini untuk mendukung petani agar dapat berkembang,” tutupnya. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close