Peristiwa

Di Hari Lahir Pancasila, Danlantamal V Terima Penghargaan Dari Wali Kota Surabaya

Teks foto : Danlantamal V Terima Penghargaan Dari Wali Kota Surabaya

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Di hari lahirnya Pancasila Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono menerima penghargaan dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi atas sinergitas mewujudkan keamanan Kota Surabaya, di Halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (01/06/2023).

Sebelum pemberian penghargaan Wali Kota Surabaya bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Hari Kelahiran Pancasila tahun 2023 dengan mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Tepat 78 tahun yang lalu pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Ir. Soekarno pertama kalinya menyebutkan kata Pancasila, dengan lahirnya Pancasila sebagai ideologi negara mengartikan bahwa Indonesia memiliki landasan berfikir dengan konsep ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan keadilan.

Dalam Upacara peringatan tersebut Wali Kota Surabaya membacakan sambutan dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila bukanlah wacana belakang melainkan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat politik historis maupun kultural sehingga dengan perwujudan rasa cinta kepada tanah air dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai bekerja sama dan saling menghormati” Ungkap Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat membacakan sambutan dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Hadir dalam Upacara peringatan hari lahir Pancasila Wakil Wali Kota Surabaya Ir. H. Armuji, pejabat TNI dan Polri wilayah Surabaya dan Forkopimda wilayah Surabaya. (Pen lantamal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close