Peristiwa

Wadan Lantamal V Hadiri Upacara Pembukaan Latsarmil Komcad Matra Laut T.A 2023

Teks foto : Wadan Lantamal V Hadiri Upacara Pembukaan Latsarmil Komcad Matra Laut T.A 2023

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Setelah sebelumnya beberapa waktu lalu Lantamal V melepas keberangkatan 222 orang calon Komponen Cadangan (Komcad) untuk mengikuti seleksi di Kodikmar Kodiklatal, Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Baedhowi Oktafidia mewakili Komandan Lantamal V menghadiri upacara pembukaan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komcad Matra Laut Tahun Anggaran 2023 yang bertempat di Lapangan Apel Eva Pangalila Kodikmar Surabaya, Senin (08/05/2023).

Sebanyak 500 Siswa Komponen Cadangan Matra Laut yang berasal dari Sub Panda Jawa, Bali dan NTT resmi mengikuti Pelatihan Dasar Kemiliteran selama 3 bulan di Kodikmar Kodiklatal, setelah dilaksanakan Panthukir beberapa waktu yang lalu di Kodikmar Kodiklatal Surabaya. Adapun bertindak sebagai Inspektur Upacara Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono.

Menurut data dari Kemhan RI sebanyak 2500 peserta dinyatakan lolos dan lulus untuk mengikuti Pelatihan dasar Kemiliteran, dari jumlah yang tertera di atas tersebar untuk Matra Darat sebanyak 1500 peserta meliputi Rindam Bukit Barisan sebanyak 500 orang, Kodam Merdeka sebanyak 300 orang, Kodam Udayana sebanyak 500 orang, Kodam Kasuari sebanyak 200 orang. Matra Udara sebanyak 500 peserta dididik di Wingdik 800 Pasgat dan Matra Laut sebanyak 500 peserta dididik di Kodikmar Kodiklatal Surabaya.

Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI ( Purn) Prabowo Subianto dalam sambutan yang dibacakan Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono menyampaikan dengan bertambahnya Komcad membawa energi baru bagi penguatan Pertahanan Negara, mengingat Bela Negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan dan TNI saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa, termasuk peserta Komcad yang baru mengikuti upacara pembukaan.

Hadir dalam upacara Pembukaan Pejabat Kotama TNI AL Wilayah Surabaya, perwakilan pejabat dari Kemhan RI serta para pejabat terkait lainnya. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close