Peristiwa

Sedekah Bumi, Wujud Pelestarian Budaya Jawa dan Kearifan Lokal Dusun Sekargeneng Desa Kandangan

Teks foto : Kasun bersama anggota koramil cerme

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Momentum tahunan Dusun Sekargeneng laksanakan Sedekah Bumi Sebagai bentuk rasa syukur terhadap sang pencipta juga sebagai tradisi leluhur yang harus dijalankan sebagai warisan yang menjadi kekayaan budaya masyarakat.

Sedekah bumi ini adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat dusun Sekargeneng, Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Minggu, (07/05/2023).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa (Kades) Kandangan Fenta Aquarista beserta perangkat desa, Camat Cerme yang di wakili Sekcam, Danramil Kapten INF Toyib beserta Anggotanya, Sesepuh Dusun Sekargeneng, RT/ RW, tokoh masyarakat, Karang taruna dan warga masyarakat.

Dusun Sekargeneng yang dipimpin oleh Budiono selaku Kepala Dusun (Kasun) ini melaksanakan sedekahbumi yang dilaksanakan di sebelah telaga dusun Sekargeneng.

Setelah dilakukan doa bersama, Kades dan masyarakat yang hadir bersama sama menyantap makanan hasil bumi yang dibawa masing masing warga. Setelahnya, Melalui perangkat desa Kandangan Kades Fenta Aquarista membagikan uang terhadap seluruh anak anak dan ibu ibu dusun Sekargeneng.

Terlihat bahagia dan senyum lebar dari anak anak ketika mengantri dalam pembagian uang dengan tertib berbaris, satu persatu diberikan sejumlah uang.

Menurut Kades Aris panggilan akrab Kades Kandangan tersebut mengucapkan beribu terima kasih terhadap warga dusun Sekargeneng dan sumbangsihnya yang kompak dan guyub rukun. “Selain bentuk ucap syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sodakoh berupa berkat makanan,” jelasnya.

“Oleh sebab itu, sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya dan kearifan lokal yang sudah dilakukan turun- temurun, kata mbah-mbah dulu Sedekah Bumi dapat menolak balak atau menjauhkan dari musibah karena Sedekah Bumi sama dengan memberi sodaqoh,” tambahnya.

Lanjut Aris, “Sedekah bumi adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturrahmi antar warga. Untuk itu, saya minta kepada semua warga untuk terus mempertahankan serta melestarikan tradisi ini dan tetap jaga kekompakan dan guyub rukun,” pesannya.

Adapun di jelaskan Kades Aris bahwa nanti malam ada pagelaran wayang kulit Ki dalang kondang Pogoh Prasetyo dari cerme kabupaten Gresik semalam suntuk,”pungkasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close