Peristiwa

Sat. Polairud Polres Sampang Cari Nelayan Yang Hilang Di Perairan Sreseh

Teks foto : saat pencarian nelayan yang hilang

SAMPANG, DORRONLINENEWS.com – Personil Sat. Polairud Polres Sampang menerima laporan dari H. Muis selaku ketua kelompok nelayan Pulau Mandangin yang melaporkan bahwa ada nelayan yang jatuh ke laut di perairan Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang – Jawa Timur Senin 1 Mei 2023 sekira pukul 05.00 WIB.

Dalam laporan nelayan yang bernama Ikhsan (63 tahun) alamat Desa Pulau Mandangin yang jatuh tersebut berada diposisi 07° 18′ 092″ S – 113° 5′ 667″ E.

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH melalui Kasat Polairud Polres Sampang Iptu Catur Rahardjo SH menyampaikan bahwa kejadian nelayan tenggelam terjadi pada hari minggu tanggal 30 April 2023 sekira pukul 14.00 Wib di perairan Desa Noreh Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang.

Iptu Catur menerangkan kepada awak media bahwa korban berangkat sendirian mencari ikan karena anak korban sedang tidak enak badan pada hari minggu tanggal 30 April 2023 pukul 03.00 Wib menggunakan perahu mesin dan biasanya kembali pulang kerumahnya sebelum magrib.

“Pukul 14.00 Wib nelayan dari Desa Pulau Mandangin An. Pardi (30 tahun), Bahrul (28 tahun), Pak Juriyeh (40 tahun) dan H. Muis (60 tahun) melihat perahu milik korban terombang ambing di tengah laut dengan posisi mesin hidup dan posisi jaring sudah di lepas di laut tetapi Ikhsan tidak berada di atas perahu miliknya ” ucap Kasat polairud.

Menurut Iptu Catur Rahardjo,ke 4 (empat) saksi tersebut langsung berusaha mencari keberadaan korban akan tetapi tidak ditemukan dan akhirnya perahu mesin milik ikhsan di bawa menuju Pulau Mandangin Sampang kemudian melaporkan kepada ketua kelompok nelayan setempat.

Ada laporan nelayan hilang,Kasat Polairud Polres Sampang Iptu Catur Rahardjo SH langsung mengumpulkan anggotanya sekaligus menghubungi BPBD Kabupaten Sampang untuk melakukan SAR laut untuk mencari keberadaan korban Ikhsan.
Search And Rescue (SAR) laut personil gabungan Sat. Polairud Polres Sampang dan BPBD Kabupaten Sampang dipimpin KBO Sat. Polairud Polres Sampang Aiptu Burhanudin dimulai pada pukul 08.00 Wib sampai dengan pukul 15.00 Wib.

Saat pencarian,personil gabungan menggunakan Kapal Polisi KP.X-1046 melakukan penyisiran dari pulau mandangin ke barat sampai perbatasan Modung Bangkalan kemudian menuju utara sampai di pinggiran pantai Kecamatan Sreseh.

“Namun anggota saat melaksanakan SAR laut mengalami kendala yaitu hujan dan angin yang kencang yang mempengaruhi ketinggian ombak di perairan laut Sampang ” terangnya.

Selain melakukan penyisiran di laut, Kasubnit Tindak Sat. Polairud Polres Sampang Aipda Dwi Purwono SH juga menyampaikan himbauan kepada seluruh nelayan yang di temui di laut melalui pengeras suara kapal Polisi untuk ikut membantu mencari saudara Ikhsan dan apabila mengetahui keberadaan korban agar segera menghubungi personil Sat. Polairud Polres Sampang, petugas Kepolisian terdekat atau ketua kelompok nelayan setempat.

Iptu Catur Rahardjo juga menegaskan sekarang personil Basarnas wilayah Madura sudah Mako Sat. Polairud Polres Sampang dan akan ikut melakukan pencarian korban Ikhsan.

“Pencarian akan dilanjutkan besok pagi pada hari selasa pada tanggal 2 Mei 2023 ” terang Iptu Catur Rahardjo memungkasi.(awa)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close