Peristiwa

Melalui Sedekah Bumi, Pemdes Cinandang Cerminkan Kekuatan Persatuan & Kesatuan

Teks foto : Pemdes Cinandang laksanakn sedekah bumi

MOJOKERTO, DORRONLINENEWS.COM – Ratusan warga desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto semarakkan Sedekah Bumi sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT dan bukti nyata gotong royong warga masyarakat setempat yang dikemas dengan seribu Tumpeng dan berbagai macam pertunjukan.

Adapun pertunjukan yang dimeriahkan dengan berbagai macam hiburan rakyat, salah satunya yakni Drumband, Kirab Bendera Merah Putih, Kirab Seribu Tumpeng, Kreasi Pencak Silat, Kesenian Kuda Lumping, Barongsai, Joget Hura hura, Langgam Campur Sari, Parade Sound sistem, dan yang terakhir Wayang Kulit (Ki. Anom Surono).

Hal tersebut juga disemarakkan dengan kirab seribu tumpeng dan gunungan yang berisi hasil bumi seperti padi, palawija dan buah-buahan. Hiasan gunungan tersebut ditandu start dari Balai Desa Cinandang dibawa keliling jalan raya menuju ke finish yakni balai dusun Cinandang.

Sesampainya dibalai dusun Bupati dr. Ikfina Fahmawati, M.Si. beserta rombongan istirahat sejenak bersama Kades Agus dengan menikmati langgam campursari, sebagai penghormatan Bupati Mojokerto berkesempatan untuk siram (Mandi Jamas Pusaka Agung) berupa ‘Kentongan’ dusun Cinandang.

Terlepas Bupati Siram Kentongan Ia pun mengawali ambil salah satu gunungan tumpeng bersama rombongan yang disusul serbuan warga masyarakat setempat dan saling berebut gunungan, karena dipercaya mendapatkan barokah karena gunungan tersebut sudah didoakan oleh sesepuh (Kyai).

“Sedekah bumi ini perlu dilestarikan dan di turunkan sampai anak cucu kita nanti, jangan sampai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang yang semakin canggih ini kita menghilangkan adat dan tradisi dari nenek moyang kita, “ungkapnya. Jumat, (12/05/2023)

Hal tersebut diucapkan Kepala Desa Cinandang Agus Siswahyudi, S.E., S.H., terhadap media Dorronlinenews.com setelah menjamu Bupati Mojokerto dr Ikfina Fahmawati, M.Si., beserta rombongan dan seluruh undangan dengan hidangan beberapa masakan tradisional makanan dan minuman yang disediakan oleh Pemdes Desa Cinandang di gasebo yang berada disebelah Waduk Wisata Windu.

Lanjut Agus panggilan keseharian Kades Cinandang menuturkan “Tingginya nilai-nilai agama dan kegotongroyongan telah tercermin dalam semarak sedekah bumi ini, serta dua nilai yang terkandung di dalam sedekah bumi ini hendaknya dilestarikan dan ditata sebaik mungkin karena kegiatan ini memiliki kekuatan religius dan Pancasilais,” tuturnya.

Semarak sedekah bumi yang digelar oleh Pemdes Cinandang ini menunjukan bahwa nilai agama dan semangat gotong royong mampu mewujudkan kekuatan persatuan dan kesatuan. “Semoga langkah positif kebersamaan, persatuan dan kesatuan ini bisa dicontoh oleh desa desa lain yang berdampingan,” pungkasnya.

Menurut pengakuan dari salah satu warga Cinandang Asih (58) saat ditemui awak media mengaku, “Kami percaya, bahwa sedekah bumi ini, merupakan ucap syukur para Petani warga masyarakat desa Cinandang kepada sang Pencipta Allah SWT dan juga menghormati para leluhur yang telah mendahului kami, Untuk itu kami merasa bersyukur karena dalam setahun bisa memanen hasil bumi yang melimpah,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu turut hadir Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, M.Si., beserta rombongannya, Muspika Dawarblandong, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades se- Dawarblandong dan warga setempat.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close