Peristiwa

Danseba Puslatdiksarmil Kukuhkan Ketua Senat Siswa Dikmaba TNI Angkatan XLIII/1

Teks foto : Danseba Puslatdiksarmil Kukuhkan Ketua Senat Siswa Dikmaba TNI Angkatan XLIII/1

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Sekolah Bintara (Danseba) TNI Angkatan Laut Puslatdiksarmil Mayor Marinir Johan Haryanto, memimpin upacara pengukuhan Ketua Senat dan penyerahan Bendera Kompi Siswa Dikmaba TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan XLIII/1 TA 2023, bertempat di lapangan Chandradimuka Puslatdiksarmil Juanda, Selasa (16/05/2023).

Upacara pengukuhan ini merupakan bentuk simbolis disahkannya Pengurus Kesenatan Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLIII/1 TA 2023. Dibawah pimpinan Ketua Senat Siswa Hasan Wirayuda, diharapkan nantinya para siswa yang memiliki nama angkatan “Jalasena” ini dapat lebih kompak dan semangat dalam menempuh pendidikan di Puslatdiksarmil, dan pendidikan selanjutnya di kecabangan masing-masing.

Jalasena sendiri memiliki arti dalam bahasa Sanskerta adalah Penguasa Lautan, diambil dari kata JALA yang artinya air dan SENA artinya penguasa. Dengan nama JALASENA, Para Siswa Dikmaba TNI AL ini nantinya mampu menjadi Ksatria-Ksatria Penguasa lautan dan penjaga laut Nusantara. Acara berlanjut dengan penyerahan bendera Kompi sebagai identitas tiap-tiap kompi ,sehingga tiap-tiap kompi memiliki kebanggaan dan semangat untuk saling berkompetisi dalam hal positif.

Dalam amanatnya Danseba Puslatdiksarmil menyampaikan bahwa, dengan diserahkannya bendera kompi maka para siswa harus memiliki semangat untuk bisa lebih baik dari kompi yang lain. “Para siswa sudah menempuh pendidikan selama 1 bulan, untuk itu materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh instruktur, baik dalam bentuk teori maupun praktek agar diterapkan, terutama materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang nantinya bisa mencerminkan sikap disiplin dan kemiliteran,” pesan Mayor Johan.

Sementara itu, Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Irwan S. P. Siagian mengungkapkan bahwa pembentukan Senat dan penyerahan bendera kompi adalah rangkaian kegiatan yang ada didalam pendidikan Siswa Dikmaba, khususnya pada tahap Dasar Prajurit (Sarrit).

“Dengan adanya pengurus Senat yang sudah terbentuk, nantinya kegiatan pendidikan dapat berjalan dengan lebih baik. Selain itu, adanya pengurus Senat merupakan sarana pembelajaran dalam kehidupan berorganisasi dan kepemimpinan bagi para siswa, “pungkas Kolonel Irwan”. (Pen Kodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close