Peristiwa

Bentuk Perhatian ODGJ, Kapus Balongpanggang dr. Rizal Door To Door

Teks foto : Kapus Balongpanggang dr. Rizal saat merawat ODGJ

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan dalam bentuk perhatian khusus kepada Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) UPT Puskesmas Balongpanggang (Kapus) dr. Masrizal mengunjungi salah satu rumah warga yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan jiwa, secara door to door, Rabu (3/5/2023) pagi.

Tenaga kesehatan yang ikut serta dalam kunjungan tersebut, melakukan pemeriksaan kesehatan kepada keluarga dan pasien gangguan jiwa.

Selain dilakukan pemeriksaan kesehatan, Kepala UPTD Puskesmas Balongpanggang dan tim yang bekerja sama dengan kader kesehatan setempat melakukan wawancara dan pendekatan kepada keluarga akan selalu melakukan monitoring memantau kondisi pasien.

Lebih jauh dr. Rizal menuturkan,” Banyak masyarakat yang masih minim pengetahuannya tentang gangguan kejiwaan atau ODGJ. Mereka yang sering dianggap kurang nyamanan bagi masyarakat, sehingga banyak dari keluarga memasungnya karena dianggap meresahkan.

Hal tersebut secara tidak langsung telah membuat mereka menjadi korban. Oleh karena itu, UPT Puskesmas Balongpanggang secara rutin melakukan kunjungan rumah untuk ODGJ di wilayah Kecamatan Balongpanggang salah satunya berkunjung di kediaman Kakak beradik Nur Hadi (33) dan
M. Arip (28) warga Dusun Pinggir Desa Pinggir Kecamatan Balongpanggang,” jelasnya.

Kunjungan rumah adalah kegiatan untuk mendata serta mendeteksi kondisi ODGJ dalam kaitannya dengan tingkat gangguan kejiwaan yang diderita, dimaksudkan untuk melakukan pemberdayaan keluarga guna dapat mengatasi masalah kesehatan terkait gangguan jiwa tersebut. Jelentrenya.

Sementara itu di tempat yang sama orang tua Kakak beradik Karsi (55) mengucapkan terima kasih kepada petugas kesehatan. Karena dengan rutin memberikan pengawasan dan obat kepada anak saya. Semoga dengan adanya pendekatan ini anak saya segera sembuh. Katanya singkat. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close