Peristiwa

Nuzulul Qur’an “Beruntunglah Kita Menjadi Umat Nabi Muhammad SAW”

Teks foto : peringati Nuzulul Qur’an di masjid Al Mubarok dsn glintung.

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Selain sebagai mukjizat , Al Qur an juga sebagai petunjuk ( Al Huda ) untuk manusia dalam mengarungi kehidupan didunia agar selamat kelak di akhirat dan Al Qur’an juga sebagai pembeda ( Al Furqan ) yaitu pembeda yang hak dan yang bathil serta sebagai penjelas atas segala sesuatu.

Dan malam ini 17 Ramadhan takmir masjid Al Mubarok dusun glintung desa Kepatihan kecamatan Menganti memperingati malam Nuzulul Qur’an . Jum at 07 April 2023 secara sederhana dan di isi tausiyah agama oleh ustadz Nanang dosen Al Azhar dari Gresik .

Dalam ceramahnya ustadz Nanang menyampaikan beruntunglah kita menjadi umat nabi Muhammad SAW.

Al Qur’an diturunkan pertama kali di bulan Ramadhan kepada nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril AS ayat yang pertama kali oleh nabi Muhammad Saw yakni surat Al alaq ayat 1-5 .

Al Qur’an kemudian diwariskan kepada umat nabi Muhammad Saw. Di jelaskan dalam surah Fathir ayat ke 32 diterangkan dimana umat nabi Muhammad Saw dibagi menjadi 3 golongan .

  • golongan pertama dzalimun linafsih yaitu orang yang ndablek . Orang yang menganiaya dirinya sendiri , golongan ini lebih banyak kesalahannya dari pada kebaikannya tapi mereka masih punya iman papar ustadz Nanang . Golongan pertama ini masuk surga karena mendapat syafaat rosulullah Saw.
  • golongan yang kedua yakni mugtashid atau golongan pertengahan , yaitu orang – orang yang kebaikannya berbanding dengan kesalahannya .golongan ke dua ini masuk surga tapi di qisab dulu.
  • golongan yang ketiga yaitu sabiqun bil khairat golongan orang – orang yang lebih dahulu dalam berbuat kebaikan yaitu orang – orang yang kebaikannya amat banyak ini menjadi kelompok yang istimewa waktu mereka dihabiskan dalam kebaikan . dan golongan yang ketiga ini masuk surga tanpa di qisab .

Di akhir tausiyahnya ustadz Nanang menjelaskan mengukur agama jangan dipikir dengan kira – kira . dan setiap tempat ada hadisnya tersendiri . dan yang paling penting kalau ada orang Islam meninggal ingat – ingat kebaikannya jangan kejelekannya. (Anam)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close