Peristiwa

Tingkatkan Kesiapsiagaan, Lanal Tegal Bersama Instansi Terkait Gelar Latihan Damkar dan SAR Penanggulangan Bencana Alam

Teks foto : Lanal Tegal Bersama Instansi Terkait Gelar Latihan Damkar dan SAR Penanggulangan Bencana Alam

TEGAL, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan prajurit dan instansi pemerintah, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal bersama Pemkot Tegal menggelar Latihan SAR Penanggulangan Bencana Alam dan teknik pemadaman kebakaran di Pantai Alam Indah, Kota Tegal, Senin (20/03/2023)

Pelatihan tersebut diikuti lebih kurang 75 peserta dari Lanal Tegal, Polresta Tegal, Airud Polres Tegal, Petugas Damkar Kota Tegal dan BPBD serta Relawan Kota Tegal. Kegiatan ini adalah bentuk sinergitas dari Pemerintah Kota Tegal, Lanal Tegal dan Polresta Tegal dengan tujuan untuk melatih personil agar lebih tanggap, waspada dan siap siaga serta memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Dengan dilaksanakannya latihan ini personil diharapkan dapat mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai aman sehingga meminimalisir terjadinya korban. Apalagi sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan 1444 H dan dilanjutkan dengan Hari Raya Idul Fitri, sehingga aktivitas masyarakat di wilayah pelabuhan meningkat. Perlu kewaspadaan yang ekstra dari aparat pemerintah agar semua kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Dengan demikian, semua instansi pemerintah dan elemenmasyarakat Kota Tegal selalu siap dan antisipasi dini dalam pencegahan maupun siap untuk diterjunkan bila terjadi bencana. Hal ini sesuai perintah harian Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu pahami tentang tugas dan tanggung jawab bidang sesuai Fokus terhadap penyelesaian tugas situasi dengan arah kebijakan Kasal. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close